Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo

Jl.Urip Soemoharjo No. 58 Ponorogo

Pelepasan Varietas Durian Kanjeng

Bibit Durian Kanjeng

Ponorogo.Mungkin kita tidak asing lagi dengan Ngebel, sebuah daerah eksotik yang ada di sebelah timur Kabupaten Ponorogo. Sejak dulu daerah Ngebel sudah terkenal dengan keindahan alamnya, udara yang sejuk dan panorama alam yang indah berupa telaga yang jernih menambah betah setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tidak hanya itu Ngebel terkenal sebagai penghasil buah-buahan eksotik yang ada di Ponorogo. Dengan ketinggian tempat diatas 700 m dpl menjadikan daerah ini sebagai penghasil buah-buahan seperti : alpukat, manggis, nangka dan buah yang paling banyak dicari orang yaitu durian. Bila musim panen durian tiba, maka tak heran jika sepanjang jalan menuju Ngebel banyak dijumpai orang menjajakan durian hasil panen petani Ngebel.

Dari sekian banyak varietas durian yang ada di Ngebel yang kebanyakan merupakan varietas lokal, ada satu varietas yang hangat diperbincangkan banyak orang yaitu varietas kanjeng. Keunggulan durian kanjeng antara lain rasanya yang legit manis dengan aroma yang tidak terlalu menyengat, daging buah tebal, tidak terlalu banyak mengandung air sehingga tidak lembek dan lengket, buah lebih renyah dibanding dengan durian jenis lainnya.. Dengan berbagai keunggulan ini tidak heran jika durian kanjeng menjadi incaran banyak orang.

Atas dasar berbagai keunggulan tersebut hal tersebut, maka pemerintah kabupaten Ponorogo mengusulkan uji varietas durian kanjeng kepada Pusat Perlindungan Varietas Pertanian dan Perijinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian RI. Hasilnya setelah mengalami berbagai penelitian dan observasi yang dilakukan oleh peneliti yang berkompeten, akhirnya durian varietas kanjeng resmi dilepas sebagai varietas unggul lokal dengan  mendapat sertifikat tanda daftar varietas tanaman  nomor : 14/PVL/2012. Pendaftaran ini penting dilakukan untuk melindungi varietas tersebut sebagai aset daerah yang nantinya dapat dijadikan sebagai ikon Kabupaten Ponorogo

Seperti tercantum  dalam UU PVT No. 29 Tahun 2000 bahwa perlindungan varietas tanaman ini penting untuk dilakukan. Sedangkan pengertian Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) itu sendiri menurut Wikipedia diartikan sebagai hak kekayaan intelektual yang diberikan kepada pihak pemulia tanaman atau pemegang PVT untuk memegang kendali secara eksklusif terhadap bahan perbanyakan mencakup : benih, stek, anakan atau jaringan biakan dan material yang dipanen dari suatu varietas tanaman baru untuk digunakan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Dengan terbitnya sertifikat tanda daftar varietas tanaman  durian varietas kanjeng ini berarti bertambahh lagi satu plasma nutfah yang termasuk unggul lokal asli Ponorogo. Sebelumnya di Ponorogo selain durian komoditas yang telah mempunyai tanda daftar verietas adalah kedelai yaitu : varietas Gepak Kuning dan Gepak Ijo serta Jeruk varietas Keprok Pulung. Ini merupakan kebanggaan  sekaligus tanggungjawab besar bagi kita untuk selalu menjaga dan melestarikan varietas tersebut. Semoga dengan ini mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap produk-produk buah lokal , yang nantinya juga berimbas pada peningkatan kesejahteraan petani tanaman durian dan buah-buahan pada umumnya.(Red-Bidang TPH)

Updated: May 22, 2014 — 9:11 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dinas Pertanian © 2014 Frontier Theme