PERCEPATAN LUAS TAMBAH TANAM PADI

Selasa (24/4/2018), bertempat di lahan persawahan kelompok tani “Tani Mukti” Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo telah diadakan temu lapang yang dihadiri beberapa instansi terkait antara lain : Ditjen Tanaman Pangan Kementerian RI diwakili Kasubdit Kedelai Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Bpk. Ir. Mulyono beserta Staf, Kodim 0802 diwakili Kasdem M. Yusuf beserta jajarannya, BPTP Karangploso Malang diwakili Sdr. Bayu, Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Ponorogo diwakili Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Bpk. Mahendro Akso, SP.,MMA dan jajarannya serta Ketua dan anggota kelompok tani “Tani Mukti” Desa Kauman.

Maksud dan kedatangan tim dari Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI tersebut, untuk mengetahui kondisi lapang pertanaman padi yang ada di daerah Kauman dan sekitarnya. Setelah melihat kondisi sekitar, Tim berdialog dengan petani untuk memberikan motivasi dalam melakukan percepatan tanam, karena kondisi persemaian sudah layak dipindah dan tanah sudah dalam masa siap olah.

Percepatan tanam yang bermuara pada peningkatan Luas Tambah Tanam (LTT) tentunya sangat dibutuhkan bagi pemerintah dalam menakar angka panen dan produksi pada bulan tertentu untuk mengestimasi ketersediaan pangan lokal maupun nasional. Dalam rangka mendukung program tersebut, maka perlu ditingkatkan kerja keras dan kerja sama dari semua lini, yaitu petani, dinas kabupaten, provinsi, kementerian, BPTP dan juga TNI yang selama ini cukup aktif dalam mengawal kegiatan terkait peningkatan produksi khususnya padi, jagung dan kedelai.