Promosi Potensi Investasi Pertanian di Ponorogo dalam East Java Investival

Jum’at (13/9/2019), East Java Investival (EJI) untuk pertama kalinya diadakan di Surabaya. Kegiatan ini mengemas pengenalan potensi investasi di Jawa Timur dengan cara yang menarik dan menyenangkan (konsep festival). Tidak hanya bisnis forum, seminar, dan pameran saja, performance beberapa artis ternama juga dihadirkan, diantaranya Four Twenty, Klantink, Diskopantera, dan Keith Martin. EJI dilaksanakan di Convention & Exibition Grand City, Surabaya pada tanggal 12 – 15 September 2019.

Dinas Pertanian dan Perikanan bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo berpartisipasi dalam acara tersebut. Beberapa produk unggulan dan berpotensi investasi dari Ponorogo diperkenalkan, diantaranya kopi, tembakau, durian, dan susu.

Acara diawali dengan pelaksanaan Bisnis Forum, dimana dipertemukan antara pemilik peluang investasi (Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, sektor swasta, franchise, jasa perbankan, start up, dan travel) dengan investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Selanjutnya ada seminar nasional “Gaining Momentum Amids The Stable Outlook” dengan pembicara dari Bank Permata, BI, Wakil Gubernur Jawa Timur, KADIN, dan BKPM.

Pembukaan secara resmi EJI oleh Emil Elestianto Dardak, selaku Wakil Gubernur Jawa Timur. Turut hadir dalam acara pembukaan Sudjarno, selaku Wakil Bupati Ponorogo bersama para Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota se-Jawa Timur. Penandatanganan kerja sama investasi dengan investor sekaligus juga dilaksanakan. Dengan selesainya acara pembukaan, maka secara resmi pameran dibuka.

Stand Kabupaten Ponorogo ada di stand no 59. Banyak pengunjung yang mampir ke stand dan menanyakan potensi yang ada di Ponorogo. Beberapa diantaranya penasaran dengan rasa kopi Ponorogo. Penggemar kopi bahkan belum pernah mendengar kopi Ponorogo. Ini adalah sebuah pekerjaan rumah bagi kita. Bahwa selain berupaya meningkatkan kualitas produk unggulan, kita juga perlu lebih gencar melakukan pengenalan produk, sehingga produk unggulan Kabupaten Ponorogo bisa lebih diketahui secara luas.

Salah seorang pengunjung stand dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang produk unggulan kita dan bentuk fasilitasi yang diperlukan dalam rangka investasi.

Sesuai dengan tujuan diadakannya EJI, kita berharap dengan turut sertanya Kabupaten Ponorogo dapat memperkenalkan potensi yang ada sehingga pada akhirnya dapat menarik minat para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Ponorogo.