Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Petani, Dipertahankan Kabupaten Ponorogo Gelar Lomba Cerdas Cermat Pertanian

PONOROGO (21/6/2022)-Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-50, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo mengadakan lomba Cerdas Cermat Pertanian. Lomba diadakan beregu yang beranggotakan 3 orang petani yang tergabung ke dalam poktan atau gapoktan dari 21 kecamatan di Ponorogo. Cerdas Cermat Pertanian ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Juni 2022 yang bertempat di halaman kantor Bidang Penyuluhan, terbagi menjadi dua babak yakni penyisihan dan final.  

Panitia berfoto bersama para juara

Pujo Utomo selaku penanggung jawab lomba Cerdas Cermat Pertanian menyampaikan, “Lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk meningkatkan transfer teknologi, ilmu atau informasi secara tidak langsung. Dengan metode seperti ini diharapkan petani mendapatkan pengetahuan baru dari pertanyaan-pertanyaan yang diujikan. Selain itu juga memastikan petani menerima informasi selaras dengan yang disampaikan penyuluhnya”.

Ketua panitia lomba cerdas cermat membacakan aturan dan tata tertib lomba

Babak penyisihan terbagi menjadi 4 group, dimana masing-masing group akan diambil 1 regu dengan nilai tertinggi untuk ditandingkan lagi di babak final. Masing-masing regu diberikan 10 pertanyaan, terdiri atas 7 pilihan ganda dan 3 soal uraian singkat. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar istilah-istilah di bidang pertanian, beberapa definisi tentang budidaya, dan isu-isu terkini terkait pertanian. Setiap jawaban benar bernilai 100 poin, dan apabila jawaban salah akan diperebutkan oleh regu lain dengan konsekuensi jika jawabannya salah maka regu perebut akan dikurangi 50 poin.

Regu Kecamatan Jetis bersiap mengikuti lomba cerdas cermat

Babak penyisihan berlangsung cukup sengit. Dari group A yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Kecamatan Kauman, group B adalah Kecamatan Jenangan, group C adalah Kecamatan Jetis, dan group D adalah Kecamatan Sawoo. Setelah melalui persaingan yang cukup ketat dan selisih nilai yang cukup tipis, lomba cerdas cermat dimenangkan oleh Kecamatan Kauman, disusul Kecamatan Jetis di peringkat kedua, peringkat ketiga ditempati oleh Kecamatan Sawoo, dan peringkat keempat didapatkan oleh Kecamatan Jenangan. Hadiah yang berupa uang pembinaan dan saprodi pertanian akan diberikan ketika acara puncak HKP ke-50 hari Rabu, 29 Juni 2022 bersamaan dengan acara jalan sehat dan Peresmian Rumah Potong Hewan Jetis.

Supporter dari masing masing kecamatan ikut memeriahkan jalannya lomba cerdas cermat

Lomba cerdas cermat ini diharapkan memberikan motivasi dan menjadi ajang kompetisi bagi para petani, agar lebih bersemangat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan mengenai budidaya baik itu di sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan pengetahuan lainnya di bidang pertanian. Petani yang memiliki kemampuan dan keterampilan lebih baik diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya.

Sumber daya pertanian yang handal diiringi dengan sinergi antar stakeholder akan mewujudkan Pertanian Kuat Ponorogo Hebat. © Wisesa Dwi Wijaya