Wabup Ponorogo, Serahkan Penghargaan Petani Teladan dan Gapoktan Berprestasi

Sasmoyo Yudhi Hantarno, Desa Selur Kec. Ngrayun saat menerima penghargaan dari Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno

Ponorogo (28/10/2019) Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 di Pendopo Kabupaten Ponorogo telah diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba petani teladan dan gapoktan. Kemajuan pertanian tidak lepas dari peran besar para petani dan penyuluh. Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Ponorogo memberikan penghargaan Tingkat Kabupaten sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk mereka yang berada di garda depan sektor pertanian.

Penghargaan tahunan ini dilakukan untuk mewujudkan pelaku utama dan pelaku usaha yang handal. Memberi motivasi dan memacu mereka agar mau dan lebih aktif dalam menjalankan fungsinya.

Penilaian dilaksanakan mulai 26 Agustus 2019 s/d 30 September 2019. Cara penilaian Petani Teladan dan Gapoktan Berprestasi dengan menggunakan instrumen melalui identitas calon petani berprestasi dengan status usaha tani dan usaha tani utama yang ada di lokasi tersebut. Unsur penilaian dengan  Pedoman Penilaian Petani Teladan dan Gapoktan Berprestasi sesuai Permentan No. 17/Permentan/OT.140/3/2011 tentang Pedoman Penilaian Gabungan Kelompok Tani Berprestasi dan Permentan No.42/42/Permentan/OT.140/3/2013 tentang Pedoman Penilaian Petani Berprestasi

Setelah melalui proses yang panjang dan pertimbangan yang matang maka tim dari Seksi Kelembagaan Bidang Penyuluhan Pertanian menetapkan sebagai berikut :

Kategori Petani Teladan :

Juara 1. : Sasmoyo Yudhi Hantarno, Desa Selur Kec. Ngrayun

Juara 2. : Pujiono, Desa Serangan Kecamatan Mlarak

Juara 3  : Ahmad Sujoni, Ds. Demangan Kecamatan Siman

Kategori Juara Gapoktan Teladan :

Juara 1 : Gapoktan Gemah Ripah, Ds. Paringan, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo

Juara 2 : Gapoktan Pelem Bebek, Ds. Serangan, Kec. Mlarak, Kab. Ponorogo

Juara 3 : Gapoktan Sunan Kumbul, Ds. Sawoo, Kec. Sawoo, Kab. Ponorogo

Para juara saat foto bersama

Pemberian penghargaan ini dirangkaikan dengan hari besar nasional, dan para penerima penghargaan tersebut diikutsertakan untuk mengikuti rangkaian peringatan HUT Sumpah Pemuda ke 91 antara lain : Menghadiri Upacara di Halaman Pendopo Kabupaten dan Penyerahan Hadiah di Kantor Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan bersama Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Ponorogo Andi Susetyo, hingga silaturrahim karyawan Bidluh dan foto selfi dengan Para Teladan.

Ditulis : Bang Joe’s / Bidluh Ponorogo