Juara Lomba Gapoktan dan Petani Berprestasi Tahun 2023 Kabupaten Ponorogo

PONOROGO – Pada tanggal 13-20 Juni 2023, tim juri lomba gapoktan dan petani berprestasi melakukan pembuktian lapang kepada 3 gapoktan dan 3 petani yang memiliki nilai teratas pada proses pemaparan. Adapun gapoktan yang dinilai yaitu Gapoktan Margo Rejeki Kecamatan Pulung, Gapoktan Tani Makmur Kecamatan Sambit, dan Gapoktan Argo Mandiri Kecamatan Ngrayun. Sementara petani yang dinilai adalah Yateno Agus Widodo dari Kecamatan Sawoo, Hariyanto dari Kecamatan Bungkal, dan Sunarto dari Kecamatan Sambit. Tim juri datang ke lokasi maisng-masing peserta.

Hariyanto Petani dari Kecamatan Bungkal menunjukkan salah satu usahanya

Ika Niscahyani selaku salah satu dewan juri dalam lomba petani dan gapoktan berprestasi menuturkan bahwa tahapan pembuktian lapang ini merupakan salah satu tahap yang sangat penting dalam penentuan juara lomba. Sebab pada saat pembuktian lapang, dewan juri dapat mengetahui kesesuaian antara pemaparan petani atau gapoktan dengan kondisi akltual. “Hal ini tentu akan mempengaruhi nilai dan keputusan dewan juri dalam menentukan pemenang lomba,” ujarnya. Harapnnya pemenang lomba dapat diputuskan secara objektif sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sunarto Petani dari Kecamatan Sambit memamerkan melon hasil tanamannya

Pada proses pembuktian lapang masing-masing peserta dengan antusias menampilkan yang terbaik sesuai dengan pemaparan yang telah dilakukan saat tahap pemaparan didepan dewan juri. Pembukatian lapang meliputi diantara pengecekan administrasi, pengecekan lahan/kandang, pengecekan budidaya, pengecekan usaha tani dsb sesuai dengan yang sudah dipaparkan oleh peserta lomba.

Diskusi dengan Yateno Agus Widodo petani dari Kecamatan Sawoo

Seletah proses pembuktian lapang selesai, dewan juri berkumpul untuk mendiskusikan untuk menentukan juara 1, 2, dan 3 dari masing-masing kategori. Hasil penilaian secara objektif menunjukkan suara bulat juara 1, 2, 3 pada masing-masing kategori.

Foto bersama di depan hasil usaha Gapoktan Tani Makmur Desa Bedingin Kecamatan Sambit

Pemenang lomba gapoktan berprestasi Juara 1 diraih oleh Gapoktan Tani Makmur Kecamatan Sambit. Sementara Juara 2 dan 3 diraih oleh Gapoktan Margo Rejeki Kecamatan Pulung dan Gapoktan Agro Mandiri Kecamatan Ngrayun. Sementara pemenang lomba petani berprestasi Juara 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah Hariyanto petani dari Kecamatan Bungkal, Yateno Agus Widodo petani dari Kecamatan Sawoo, dan Sunarto petani dari Kecamatan Sambit.

Lahan sawah Gapoktan Margo Rejeki Desa Sidoharjo Kecamatan Pulung

Ika Niscahyani mengharapkan para juara pada masing-masing kategori dapat menjadi inspirasi untuk gapoktan dan petani lainnya. Sehingga gapoktan dan petani di Ponorogo menjadi lebih baik kedepannya.

Buah Naga di Gapoktan Agro Mandiri Desa Selur Kecamatan Ngrayun

Adapun penyerahan hadiah pemenang lomba akan dilaksanakan pada saat puncak acara perayaan Hari Krida Pertanian Ke-51 Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo. Khusus untuk Juara 1 dari masing-masing kategori, akan mewakili Kabupaten Ponorogo untuk bertanding di tingkat Provinsi Jawa Timur pada periode selanjutnya. (Tunjung Bayu)