Lomba Cerdas Cermat Petani HKP ke-51

PONOROGO-Dalam rangka perayaan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo mengadakan lomba cerdas cermat petani. Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 19 Juni 2023 bertempat di halaman belakang kantor Dipertahankan Kabupaten Ponorogo.

Ika Niscahyani selaku Ketua Umum Panitia Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta lomba terdiri dari perwakilan petani di 21 kecamatan yang terbagi menjadi 4 grup dan setiap grup ada 5-6 regu kecamatan dan setiap regu kecamatan diwakili oleh 3 orang petani.

Masun, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo membuka kegiatan lomba cerdas cermat petani

Masun, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo membuka kegiatan Lomba Cerdas Cermat Petani. Dalam sambutannya Masun menyampaikan “Kedepannya petani dapat mengikuti lomba cerdas cermat tingkat provinsi, dan diharapkan dari kegiatan ini dapat menambah wawasan teknologi, ilmu dan informasi terbaru kepada petani.”

Use Etica menjelaskan tata tertib perlombaan

Setelah pembukaan dari kepala dinas, Use Etica selaku juri menjelaskan tata tertib perlombaan sehingga perlombaan dapat berjalan dengan kondusif.

Babak penyisihan terbagi menjadi 4 grup, dimana masing-masing grup akan diambil dengan nilai tertinggi untuk ditandingkan lagi di babak final. Masing-masing grup ada 3 sesi, sesi pertama yaitu 2 pertanyaan untuk setiap regu secara bergantian, sesi ke dua yaitu peserta akan mendapat kesempatan 2 pertanyaan bergiliran namun jika tidak dapat menjawab pertanyaan akan dijadikan pertanyaan rebutan, selanjutnya sesi ke tiga yaitu sesi rebutan.

Pertanyaan yang diajukan merupakan pertanyaan yang berkaitan dengan istilah-istilah pertanian. Dalam perlombaan ini jawaban benar diberi poin 100 dan jika jawaban salah maka poin akan dikurangi 50.

Peserta lomba cerdas cermat bersaing cukup sengit

Babak penyisihan berlangsung cukup sengit dengan supporter yang turut serta mendukung jagoannya masing-masing namun tetap kondusif. Pada babak penyisihan menghasilkan 4 grup yang lanjut ke babak final yaitu grup dari Kecamatan Kauman, Kecamatan Sawoo, Kecamatan Jetis, dan Kecamatan Sooko.

Setelah melalui persaingan yang ketat, diperoleh juara 1 dari Kecamatan Jetis disusul dengan Kecamatan Sooko sebagai juara 2 dan juara ke tiga diraih oleh Kecamatan Sawoo.

Supporter peserta lomba yang sangat supportif

Lomba cerdas cermat ini bertujuan memotivasi agar penyuluh dan petani lebih bersemangat dalam menambah pengetahuan dan informasi terbaru sehingga dapat terbentuk sumberdaya pertanian yang handal untuk Pertanian Kuat Ponorogo Hebat, sesuai dengan tema Perayaan  HKP ke-51 ini. (Alifa)