MUSYAWARAH KELOMPOK TANI SRI KATON, LANGKAH AWAL PENERIMAAN BANTUAN PENGEMBANGAN RUMINANSIA PERAH

PONOROGO – Pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 bertempat di rumah ketua Kelompok Tani Sri Katon Desa Banjarejo Kecamatan Pudak dilakukan pertemuan yang membahas tentang musyawarah dalam membentuk rencana kerja setelah mendapat bantuan pengembangan ruminansia perah. Perlu diketahui bahwa Kelompok Tani Sri Katon mendapatkan bantuan Pengembangan Ternak Ruminansia Perah tahun anggaran 2023 dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk hewan ternak  sapi perah sebanyaak 10 ekor, obat- obatan, pakan, dan perlengkapan ternak lainnya yang bersumber dari dana APBN. Sementara yang telah diterimakan kepada Kelompok Tani Sri Katon berupa bantuan pakan sebanyak 1,8 ton dan telah dilakukan dropping pada tanggal 5 Juli 2023 lalu. Sedangkan untuk hewan ternak dan lainnya akan diterimakan di kemudian hari.

Suasana musyawarah Kelompok Tani Sri Katon

Oleh sebab itu sebelum waktu dropping hewan ternak itu tiba, Kelompok Tani Sri Katon melakukan musyawarah untuk mendapatkaan mufakat apa yang akan dilakukan setelah bantuan tersebut datang semua. Pertemuan tersebut dihadiri oleh pengurus inti Kelompok Tani Sri Katon, beberapa anggota kelompok, dan Koordinator BPP Pudak, beserta PPL BPP Kecamatan Pudak.

Dari musyawarah ini didapatkan hasil tentang pembentukan seksi kesehatan hewan, produksi, dan reproduksi hewan ternak. Selain itu, juga telah disepakati siapa saja yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sapi perah dan juga tugas dan tanggung jawab tiap anggota.

Foto bersama setelah musyawarah

“Dengan adanya musyawarah ini, diharapkan rencana kerja serta tugas dan tanggung jawab kelompok tani sebagai penerima bantuan pengembangan ruminansia perah ini lebih jelas dan terarah,” ujar  Suwito selaku ketua Poktan Sri Katon Banjarejo.

Subur Hariyanto selaku Koordinator BPP Pudak bahwa selain pertemuan rutin kelompok tani, diharapkan ada pertemuan rutin bagi nggota anggota yang ditugaskan memelihara sapi perah dari bantuan ini. “Tujuannya agar ketika ada masalah bisa segera terselesaikan,” lanjutnya. (Risma Hasna Yunita)