PENGUJIAN GEOLISTRIK DI KELOMPOK TANI SRI TANI DESA NGAMPEL KECAMATAN BALONG

Ponorogo – Pada Hari ini Senin 10 Juli 2023, Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bersama petugas geolistrik melakukan pengujian geolistrik di Kelompok Tani Sri Tani Desa Ngampel Kecamatan Balong.  Selain di Desa Ngampel juga dilaksanakan uji geolistrik pada Poktan lain yang ada di Kecamatan Balong yaitu  Poktan Rejo Mulyo Desa Sumberejo, Poktan Subur Makmur Desa Karangpatihan dan Poktan Tirto Mulyo Desa Pandak.

Petugas melakukan pengujian geolistrik

Penyelidikan pendugaan geolistrik bertujuan untuk mengetahui keberadaan lapisan batuan yang berfungsi sebagai akuifer, dimana hasil pendugaan geolistrik ini akan memberikan gambaran tentang keadaan lapisan batuan bawah permukaan tanah seperti ketebalan, kedalaman, serta penyebaran lapisan batuan sehingga nantinya akan membantu perencanaan lokasi dan kedalaman sumur bor.

Yana Widyastuti didampingi oleh Azis Lubis saat memberikan penjelasan

Menurut Yana Widyastuti selaku penyuluh pertanian Desa Ngampel mengatakan dengan adanya kegiatan Irigasi Air Tanah Dalam (IATD) di Kelompok Tani Sri Tani Desa Ngampel, diharapkan pengairan yang ada di kelompok tani bisa lancar dan terpenuhi. 

“Kebutuhan air untuk keperluan irigasi pertanian saat ini cukup besar sehingga diperlukan penyediaan air yang besar pula. Untuk kebutuhan tersebut diharapkan sebagian besar akan dapat dipenuhi dari sumber air tanah dengan pembuatan sumur bor,” tegasnya. (Erna Wijayanti)