Dipertahankan, Melalui Bidang Perkebunan Melaksanakan Pembinaan / Pelatihan Kelembagaan Tembakau Tahun 2021

PONOROGO-Komoditas Tembakau masih sebagai salah satu penghasil dana pembangunan daerah di Kabupaten Ponorogo. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo melalui bidang perkebunan, dalam upaya peningkatan kualitas produk bahan baku tembakau rajang kering melakukan Pembinaan/Pelatihan Kelembagaan Kelompok Tani  Tembakau. Kegiatan dilakukan di 11 (sebelas) kelompok tani tembakau Virginia Mitra PT. Sadhana yang dihadiri oleh Kepala Desa, PPL, Ketua beserta Anggota Kelompok Tani dan Petugas Seksi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan di Tahun 2021 dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan masker, menyemprotkan desinfektan sebelum dimulai dan sesudah acara, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak (X).

Kegiatan dilaksanakan secara bertahap di beberapa kelompok tani. Diantaranya di Kelompok Tani “Margo Mulyo” Desa Mlarak Kecamatan Mlarak dan Kelompok Tani “Prima Tani” Desa Ngabar Kecamatan Siman pada tanggal 20 September 2021. Selanjutnya di Kelompok Tani “Ngudi Luhur” dan Kelompok Tani “Maju Harapan” Desa Bedi Wetan Kecamatan Bungkal tanggal 21 September 2021. Lalu di Kelompok Tani “Tani Maju” Desa Bringin Kecamatan Kauman dan Kelompok Tani “Sri Tani” Desa Karanglo Lor Kecamatan Sukorejo tanggal 22 September 2021. Kemudian di Kelompok Tani “Sari Asih” Desa Jalen Kecamatan Balong dan Kelompok Tani “Tani Bakti” Desa Singkil Kecamatan Balong tanggal 23 September 2021. Berikutnya di Kelompok Tani “Tani Jaya” Desa Nailan Kecamatan Slahung dan Kelompok Tani “Mekar Sari” Desa Bungu Kecamatan Bungkal tanggal 27 September 2021. Serta Kelompok Tani “Gunung Prau” Desa Tatung Kecamatan Balong tanggal 28 September 2021.

Kegiatan pembinaan / pelatihan kelembagaan tembakau di salah satu kelompok tani

Ketika melaksanakan pembinaan di Kelompok Tani “Gunung Prau” Desa Tatung Kecamatan Balong tanggal 28 September 2021, Budi Hantoro dari Seksi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan menyampaikan tentang Teknik Identifikasi Hama dan Penyakit Utama pada Tanaman Tembakau serta Kiat Petani Tembakau dalam menghindari Metomil pada Tanaman Tembakau di Ponorogo.

“Harus dilakukan pengecekan kotak obat pestisida tanaman tembakau virginia, apakah ada bahan yang mengandung metomil ataukah tidak,” jelasnya.

“Perlu waktu lebih lama dalam proses pengeringan daun krosok tembakau di kerodong atau oven plastik. Salah satu trik dalam mengatasinya yakni setelah mengikat daun tembakau lalu di-geprek sehingga kadar air pada bagian batang dapat berkurang lebih cepat secara merata (daun dan batangnya kering secara bersamaan) sehingga dapat mempercepat proses pengeringan,” terangnya.