GAPOKTAN BUMI MERAK KECAMATAN KAUMAN MEMPERINGATI HKP KE-50 DAN TASYAKURAN SEDEKAH BUMI

PONOROGO-Gapoktan Bumi Merak Kecamatan Kauman beserta BPP Kecamatan Kauman pada Kamis, 7 Juli 2022 melaksanakan kegiatan Memperingati HKP Ke-50 dan Tasyakuran Sedekah Bumi.   Kegiatan perayaan HKP Ke-50 dan tasyakuran sedekah bumi tersebut dilaksanakan di BPP Kecamatan Kauman, acara ini dihadiri oleh sekitar 80-an tamu undangan diantaranya Sekretaris Dipertahankan Ponorogo, Camat Kauman, Kapolsek Kauman, Danramil Kauman, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kauman beserta PPL, Distributor dan kios pupuk bersubsidi, Ketua dan pengurus Gapoktan Kecamatan Kauman, serta Poktan se-Kecamatan Kauman.

Doa bersama perayaan HKP Ke-50 dan Sedekah Bumi

Sebagai wujud apresiasi untuk menyemarakkan kegiatan HKP Ke-50 dan Tasyakuran Sedekah Bumi perwakilan dari setiap gapoktan desa se-Kecamatan Kauman, distributor beserta kios pupuk Kecamatan Kauman membawa tumpeng yang nantinya akan dimakan bersama sebagai wujud rasa syukur.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dipertahankan Ponorogo, Kecamatan Kauman, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kauman dan juga ketua Gapoktan Kecamatan Kauman. Marjono, Selaku Sekretaris Dipertahankan Ponorogo memberikan sambutan pada acara tersebut.

“Acara memperingati HKP dan tasyakuran sedekah bumi yang dilakukan Poktan/Gapoktan Kecamatan Kauman ini merupakan bukti kekompakan dan kebersamaan kelompok tani yang perlu diapresiasi,” ucapnya.

Pudjo Utomo, selaku Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kauman menambahkan bahwa Tasyakuran sedekah bumi merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sampai saat ini.

“Juga merupakan bagian dari adat budaya Jawa atau bentuk kearifan lokal serta wujud kebersamaan dan kekompakan kelompok tani terutama di wilayah Kecamatan Kauman,” imbuhnya.

Penyerahan Sertifikat kepada perwakilan peserta lomba cerdas cermat petani Tingkat Kabupaten Ponorogo

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat sebagai wujud apresiasi kepada perwakilan peserta lomba cerdas cermat petani tingkat Kabupaten Ponorogo, doa bersama dan pemotongan tumpeng.

Pemotongan Tumpeng Oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kauman
Tamu undangan menikmati tumpeng bersama-sama

Doa bersama dalam rangka memperingati HKP dan tasyakuran sedekah bumi ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT juga harapan akan terwujudnya kesejahteraan petani serta peningkatan hasil pertanian. Setelah doa bersama selesai dilakukan pemotongan tumpeng yang nantinya akan dinikmati bersama oleh undangan yang hadir.(Dora Dwi J, PPL Kec. Kauman)