SOSIALISASI SERTA KOORDINASI AUTP DAN KUR TANI

PONOROGO-Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo pada hari Kamis, 30 Juni 2022 melakukan Sosialisasi dan Koordinasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan KUR Tani di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Dihadiri oleh perwakilan anggota kelompok tani masing-masing desa wilayah Kecamatan Balong.

Samidi saat memberikan sosialisasi tentang AUTP dan KUR Tani

Menurut Samidi, selaku petugas yang menangani AUTP dan KUR Tani dari Dipertahankan Kabupaten Ponorogo bahwa sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat tani mengetahui program pemerintah untuk membantu dalam menyejahterakan petani.

“Program AUTP merupakan program perlindungan petani melalui asuransi komoditas, dimana jika terjadi kegagalan panen, maka petani bisa mengklaim melalui asuransi. Dengan adanya asuransi tersebut, petani bisa merasa lebih aman dalam bertani karena jika terjadi kegagalan panen, mereka mendapat modal untuk bertani kembali melalui hasil klaim dari pihak asuransi,” jelasnya.

“Sedangkan untuk program KUR Tani, program tersebut dimaksudkan untuk membantu petani dalam memenuhi kebutuhan permodalan dalam berusahatani. KUR Tani memiliki kelebihan yaitu mudah diakses, persyaratan mudah, dan bunga ringan,” imbuhnya.      

“Program AUTP dan KUR Tani diharapkan dapat melindungi petani, memberdayakan petani, memberikan rasa aman dan nyaman dalam berusaha tani, meningkatkan kesejahteraan petani, meningkatkan taraf hidup petani serta meningkatkan kontribusi pertanian dalam perekonomian nasional,” pungkasnya.