REFRESHER TRAINING KOORDINATOR iSIKHNAS KABUPATEN/KOTA REGIONAL BBVET WATES YOGYAKARTA

PONOROGO – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo diwakili oleh 1 Medik Veteriner mengikuti Pelatihan Refresher iSIKHNAS tingkat Kabupaten dan Kota yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan cq. Direktorat Kesehatan Hewan, dimana Kabupaten Ponorogo masuk di wilayah regional BBVet Wates Yogyakarta. Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai hari Selasa (14/11/2023) sampai dengan hari Kamis (16/11/2023). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas koordinator sistem informasi kesehatan hewan terpadu (iSIKHNAS). Pelatihan tersebut resmi dibuka pada hari Selasa (14/11/2023) oleh Kepala Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta.

Pembukaan pelatihan refresher isikhnas

Dalam sambutannya, Hendra Wibawa selaku Kepala BBVet Wates menyampaikan bahwa koordinator iSIKHNAS kabupaten/kota mempunyai peranan penting untuk menyajikan dan mengolah data kesehatan hewan dari lapang sehingga bisa memberikan bahan kebijakan dalam bidang peternakan dan Kesehatan hewan. “Acara pelatihan refresher iSIKHNAS semoga bisa menjadikan momen dimana koordinator isikhnas kabupaten/kota bisa kembali belajar dan mengingat modul-modul isikhnas yang berguna untuk penyajian data-data kesehatan hewan,” ungkapnya.

Para peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan semangat

Pelatihan refresher iSIKHNAS diikuti oleh koordinator iSIKHNAS kabupaten/kota yang masuk di regional BBVet Wates (Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur). Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, dengan kegiatan di hari pertama pemaparan materi dari Fasilitator iSIKHNAS dalam hal ini adalah seluruh Koordinator iSIKHNAS Provinsi regional BBVet. Selanjutnya pada hari kedua para peserta di buat kelompok  untuk nantinya bisa mempresentasikan hasil analisis data pelaporan dari lapangan baik analisis temporal maupun analisis spasial. Adapaun topik yang disampaikan secara berkesinambungan, diantaranya:

  1. Peran dan performa pelaporan iSIKHNAS;
  2. Pemanfaat data iSIKHNAS untuk pusat/regional/provinsi/kabupaten/kota;
  3. Akses data iSIKHNAS;
  4. Pengaturan adminitrasi dan perijinan dalam iSIKHNAS;
  5. Pelaporan (penyakit,respon,vaksinasi dengan aplikasi dan realistis – skenario;
  6. Penyampain permasalahan di lapangan;
  7. Pelatihan pelaporan dan input data logistik.
Peserta terbagi menjadi beberapa kelompok untuk persiapan presentasi

Pelatihan ditutup pada Kamis (16/11/2023) pukul 12.00 oleh Koordinator iSIKHNAS Regional BBVet Wates Basuki Rachmad, “Semoga pelatihan refresher iSIKHNAS ini bisa menambah pengetahuan para koordinator iSIKHNAS dan bisa mengaplikasikan dan menyebarluaskan informasi tentang pelaporan kesehatan hewan kepada seluruh user/pengguna iSIKHNAS, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan nomor 6746/kpts/ot.050/f/06/2022 tentang Standar Operasional Prosedur Pelaporan dan Monitoring Penyakit Hewan Melalui Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS),” ucapnya. Roiin Umayya yang merupakan Koordinator iSIKHNAS Kabupaten Ponorogo sebagai salah satu delegasi Kabupaten Ponorogo dalam pelatihan tersebut berharap semoga sistem pelaporan melalui Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS) bisa optimal dilaksanakan oleh para pengguna iSIKHNAS dan lebih bermafaat. (Roiin Umayya)