STUDI BANDING BERSAMA KTNA KECAMATAN BADEGAN DI PETERNAKAN GARUM FARM DAN BUDIDAYA IKAN ORIFISH KABUPATEN BLITAR

PONOROGO – Sektor pertanian bukan hanya sekedar bercocok tanam di lahan, dalam Permentan Nomor 39 Tahun 2018 dijelaskan pertanian adalah kegiatan mengelola sumber daya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian yang mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan/atau peternakan dalam suatu agroekosistem. Untuk meningkatkan kemampuan di bidang peternakan dan perikanan, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Badegan melaksanakan kegiatan studi banding ke Peternakan Garum Farm dan Budidaya Ikan Orifish Blitar. Kegiatan studi banding ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2023, yang diikuti oleh seluruh anggota KTNA Kecamatan Badegan, yaitu Ketua Kelompok Tani se Kecamatan Badegan beserta PPL (Petugas Pertanian Lapang) dari BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Badegan dengan total peserta 72 orang.

Tujuan pertama yaitu di Peternakan Garum Farm yang merupakan peternakan domba. Di Garum Farm peserta mendapatkan sharing ilmu dari Yono selaku pengelola Garum Farm sejak awal didirikannya Garum Farm sampai bisa sebesar sekarang ini dengan jumlah domba sekitar 350 ekor.

Domba yang dipelihara di Peternakan Garum Farm

Yono menyampaikan bahwa pada tahun pertama domba makan manusia, tahun kedua domba makan domba, tahun ketiga domba makan silase. “Yang artinya, pada tahun pertama merupakan masa awal dimana untuk memberi pakan pada domba masih menggunakan uang pribadi, sedangkan tahun kedua para peternak harus menjual domba untuk dapat memberi pakan domba, kemudian di tahun ketiga sampai sekarang peternak sudah bisa memproduksi silase sendiri untuk pakan ternak,” ungkapnya.

Silase merupakan pakan hijauan ternak yang diawetkan yang disimpan dalam kantong plastik, atau silo, atau drum yang kedap udara, dan sudah terjadi proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau anaerob. Proses silase ini melibatkan bakteri-bakteri atau mikroba yang membentuk asam susu, yaitu Lactid Acid dan Streptococcus yang hidup secara anerob dengan derajat keasaman 4 (pH 4). Bahan pembuatan silase terdiri dari batang/daun jagung (tebon), rumput, ramban, dan tetes untuk fementasi. Bahan tersebut dicacah dan disemprotkan tetes, lalu dimasukkan dan ditutup rapat dalam tong selama 30 hari.

Proses pembuatan silase

Tujuan selanjutnya yaitu ke Budidaya Ikan Orifish. Yogi selaku pengelola Orifish menjelaskan tips budidaya ikan Nila dengan menggunakan pakan ikan dari Bioflok. “Bioflok adalah pakan ikan yang berasal dari mikroba yang mengendap dalam air,” ujar Yogi.

Bioflok terbuat dari molase 100 ml, kapur dolomit 50 gram, garam grosok 1 kg, dan bubuk probiotik 2-3 gram setiap 1 m3 air. Cara pembuatan bioflok adalah masukkan aerasi dalam air, masukkan garam dan kapur bersamaan ke dalam air untuk membuat pH 7-8, masukkan molase, masukkan probiotik, kemudian diamkan selama 1 minggu untuk menumbuhkan Bakteri Lactobacillus. Dengan adanya Bioflok dalam kolam budidaya ikan, maka pemberian pakan cukup pada pagi dan sore hari. Bakteri ini dapat berfungsi sebagai pengurai dari kotoran ikan menjadi Bioflok sebagai sumber pakan ikan.

Yogi menjelaskan bioflok kepada peserta studi banding

Dari kegiatan studi banding ini banyak dari anggota KTNA Kecamatan yang termotivasi untuk menerapkan peternakan domba ataupun budidaya ikan dengan bioflok. Sudi banding KTNA diakhiri dengan berkunjung ke Kebun Buah Belimbing Moyoketen di Tulungagung. Semoga kegiatan studi banding ini bisa memberikan manfaat pada anggota KTNA Kecamatan Badegan dan dapat disampaikan pada anggota kelompok tani masing masing. (Salma Azizah)