PENUMBUHAN KELOMPOK TANI DUSUN BANYURIPAN DESA WRINGINANOM KECAMATAN SAMBIT

PONOROGO-Pada hari Rabu, tanggal 15 November 2023 bertempat di rumah Bapak Budiono Dusun Banyuripan Desa Wringinanom Kecamatan Sambit telah diselenggarakan musyawarah penumbuhan kelompok tani baru. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 55 orang petani dari Dusun Banyuripan dan 2 orang Penyuluh Pertanian Kecamatan Sambit.

Musyawarah penumbuhan kelompok tani baru

Dalam pertemuan tersebut disepakati pembentukan atau penumbuhan kelompok tani yang diberi nama Kelompok Tani “BANYU URIP” dengan susunan pengurus yaitu Budianto selaku ketua, Sumarwan sebagai sekretaris dan Ali Rohmat sebagai bendahara.

Selain pengurus inti, susunan pengurus yang meliputi seksi budidaya, seksi peternakan, seksi sarana produksi dan seksi kemitraan usahatani juga telah disepakati dan siap ditindaklanjuti dengan pembuatan Berita Acara Penumbuhan Kelompok Tani.

Para petani mengikuti jalannya musyawarah pembentukan kelompok tani baru dengan semangat

Penyuluh Pertanian Lapang Desa Wringinanom, Khoirul Anwar memberikan arahan tentang tujuan kelompok tani, manfaat kelompok tani, proses musyawarah penumbuhan kelompok tani hingga memperoleh register kelompok tani, cara kerja dan program kerja kelompok tani. “Dengan terbentuknya kelompok tani “BANYU URIP” kedepannya diharapkan akan menjadi wadah dalam upaya peningkatan kesejahteraan anggota serta petani yang ada di Dusun Banyuripan”, ujarnya.

Pada akhir musyawarah, Khoirul anwar juga memberikan motivasi kepada anggota untuk terus mengembangkan potensi pertanian yang ada di Dusun Banyuripan, khususnya potensi tanaman tembakau yang saat ini mulai dikembangkan di wilayah Desa Wringinanom. (rindriapraja)