PUBLIC EXPOSE SARANA PRASARANA PERTANIAN DBHCHT TAHUN 2023 KABUPATEN PONOROGO

PONOROGO – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo melaksanakan rangkaian acara public expose Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada tanggal 13-14 November 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang peran besar anggaran DBHCHT guna mendukung pembangunan di bidang perkebunan, khususnya untuk meningkatkan kualitas bahan baku komoditas tembakau. DBHCHT merupakan bagian dari transfer Pusat ke Daerah yang dibagikan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota penghasil tembakau.

Bupati Sugiri Sancoko menyerahkan secara simbolis bantuan sarana prasarana pertanian

Pada hari Senin, 13 November 2023, acara dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Ponorogo. Berkesempatan hadir Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo, jajaran pejabat Dipertahankan, Camat, Kepala Desa, serta perwakilan petani tembakau penerima manfaat. Di acara tersebut, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada kelompok tani penerima manfaat. Bupati Ponorogo dalam sambutannya menyampaikan bahwa petani tembakau sangat diperhatikan oleh pemerintah. Salah satunya dengan diberikannya bantuan sarana prasarana pertanian, seperti alsintan, sumur dalam, dan BLT. “Harapan kami ke depan di Ponorogo ada penambahan luas, saat ini sudah ada 2.500 Ha lahan tembakau. Tahun lalu hanya sekitar 500 Ha, maka sudah naik 5 kali lipat,” ungkapnya.

Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan sambutannya

Adapun acara pada hari kedua berupa peresmian gudang tembakau di Desa Kunti Kecamatan Sampung. Berkesempatan hadir Kepala Dipertahankan beserta seluruh jajaran pejabat dan staf Bidang Perkebunan, perwakilan Koramil Sampung, Kepala Desa Kunti dan Kepala Desa Carangrejo beserta seluruh perangkat desa dan BPD, serta pengurus dan anggota kelompok tani setempat. Kepala Desa Kunti dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih karena petani tembakau sudah diberikan bantuan berupa gudang penyimpanan tembakau. “Mudah-mudahan ke depan petani bisa menanam tembakau lebih luas lagi, karena lahan sawah Desa Kunti sangat luas,” harapnya.

Sambutan dari Kepala Desa Kunti

Sementara itu, Kepala Dipertahankan, Herry Sutrisno, pada kesempatan tersebut meminta petani agar dapat memanfaatkan gudang penyimpanan tembakau dengan sebaik-baiknya. “Ini pilihan petani meminta gudang, Alhamdulillah dapat terealisasi,” ujarnya. Selanjutnya, Herry Sutrisno melakukan pemotongan pita untuk meresmikan gudang penyimpanan tembakau secara simbolis dan dilanjutkan dengan peninjauan bangunan gudang.

Kepala Dipertahankan, Herry Sutrisno, menyampaikan sambutan

Pada tahun anggaran 2023, Dipertahankan Kabupaten Ponorogo mengelola DBHCHT dengan total sebesar 8,7 Milyar Rupiah. Anggaran DBHCHT dipergunakan untuk beberapa kegiatan antara lain pelatihan peningkatan kualitas bahan baku, penanganan panen dan pasca panen, penerapan inovasi teknis, serta dukungan sarana dan prasarana usaha tani tembakau. Sampai akhir tahun nanti akan disalurkan bantuan sarana dan prasarana kepada beberapa kelompok tani tembakau, antara lain Irigasi Air Tanah Dalam (IATD) 15 unit, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) 5 unit, Jalan Produksi 5 unit, Gudang Tembakau 2 unit, Alsintan Pasca Panen 50 paket, Alsintan Pra Panen 52 unit, Kendaraan R3 17 unit, serta dalam rangka diversifikasi tanaman akan diberikan benih padi sebanyak 12,5 ton serta pupuk NPK 69,7 ton.

Pemotongan pita untuk meresmikan gudang penyimpanan tembakau secara simbolis

Menjadi keinginan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, petani dapat terus bersemangat untuk menanam tembakau di tahun-tahun yang akan datang. Dengan cuaca yang mendukung, penggunaan bibit yang berkualitas, perawatan tanaman, serta penanganan pasca panen yang baik, akan dihasilkan tembakau yang berkualitas. Dengan harapan harga tetap terjaga yang tentunya akan menguntungkan petani.