AJAK ANAK SEKOLAH MAKAN IKAN-GEMARIKAN 2022

Semua peserta makan makanan olahan berbahan dasar ikan dengan penuh semangat

PONOROGO-Pada Selasa, 8 November 2022, sebanyak 150 anak usia SD dan TK se-Desa Munggung menggeruduk SDN 1 Munggung, Kecamatan Pulung. Anak-anak dengan penuh semangat memenuhi halaman sekolah berhawa sejuk tersebut guna mengikuti acara Kampanye Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2022 yang digelar oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan pemerintah Desa Munggung serta Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak di wilayah Desa Munggung. Acara Kampanye Gemarikan terdiri dari sosialisasi pentingnya makan ikan sejak dini, game interaktif dan makan bersama produk olahan ikan.

Semua peserta menyanyikan mars Gemarikan dengan ceria

Acara dihadiri oleh Ketua Forikan Kabupaten Ponorogo yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Ketua POKJA 3 PKK Kabupaten Ponorogo Ny. Indah Setyorini Sumarno, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Marjono, Aparat Kecamatan Pulung, Kepala Desa Munggung Imam Mahfudin, Kepala Sekolah dan guru pendamping SD Negeri dan TK di wilayah Munggung. Acara diawali dengan menyanyikan mars Gemarikan yang dipandu oleh Sie Usaha Produksi Perikanan diikuti oleh anak-anak yang hadir.

Mengamati morfologi ikan dan memegang ikan dengan tangan yang aman
Anak-anak diajari cara menangkap ikan dengan tangan

Acara juga diisi dengan game interaktif yang diikuti oleh anak-anak. Kemeriahan acara game edukasi membuat anak-anak tetap bersemangat mengikuti jalannya susunan acara kampanye Gemarikan. Game yang dilakukan antara lain menangkap ikan dengan tangan, cara memegang ikan dengan tangan yang aman dan mengamati morfologi ikan.

Ketua POKJA 3 PKK Kabupaten Ponorogo Ny. Indah Setyorini Sumarno saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya Indah Setyorini Sumarno menyampaikan pentingnya makan ikan di usia dini. Ikan merupakan sumber protein hewani yang terjangkau dan mudah di dapat. “Diharapkan orang tua sesering mungkin memberikan makan anaknya dengan menu berbahan dasar ikan, minimal sehari ada salah satu lauk berbahan ikan,” ucapnya.

Kepala Desa Munggung Imam Mahfudin ketika memberikan sambutan

Dalam acara yang sama Kepala Desa Munggung menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dipertahankan Kabupaten Ponorogo dan Forikan Kabupaten Ponorogo dengan menunjuk Desa Munggung sebagai lokasi pelaksanaan Kampanye Gemarikan 2022. “Dengan kegiatan ini semoga masyarakat khususnya anak-anak semakin sadar pentingnya makan ikan” kata Imam Mahfudin dalam sambutannya.

Marjono, Sekretaris Dipertahankan Kabupaten Ponorogo saat memberikan arahan

Marjono dalam sambutannya mewakili Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo menekankan lagi pentingnya protein ikan dalam masa tumbuh kembang anak. “Ikan mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh anak dalam masa tumbuh kembang,” tegasnya.

Pemberian bingkisan oleh Ketua Pokja 3 PKK Kabupaten Ponorogo
Pemberian hadiah kuis oleh Ketua Pokja 3 PKK Kabupaten Ponorogo
Pemberian hadiah kuis oleh Sekdin Dipertahankan Kabupaten Ponorogo

Di penghujung acara Kampanye Gemarikan tahun ini diadakan kuis yang dipandu langsung oleh Ny. Indah Setyorini Sumarno dan Sekretaris Dipertahankan Kabupaten Ponorogo Marjono dilanjutkan sesi foto bersama dan makan bersama seluruh peserta dengan menu olahan ikan.