Gelar Pangan Murah Ramadan 2023, Sediakan Sembako dan Aneka Jajanan Murah Berkualitas

PONOROGO-Pada Kamis, 30 Maret 2023 Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bekerja sama dengan Perum Bulog Sub Divre Ponorogo dan PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI – ID Food) kembali mengadakan Gelar Pangan Murah dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan.

Foto bersama Forpimka dan PPL Kecamatan Sampung

Gelar Pangan Murah tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Ramadan 2023, di lapangan Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Gelaran acara ini dihadiri oleh Forpimka Kecamatan Sampung, Staf Bidang Ketahanan Pangan yang bertugas, PPL Kecamatan Sampung, dan masyarakat.

Suasana Gelar Pangan Murah di Kecamatan Sampung

Komoditas pangan yang dijual dalam Gelar Pangan Murah ini antara lain: Beras Medium Rp42.500/5kg, Minyak Goreng Rp16.000/liter, Telur Ayam Rp28.000/kg, Tepung terigu Rp10.000/kg, dan Bawang Merah Rp27.000/kg. Selain komoditas tersebut terdapat juga produk olahan lokal hasil produksi ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tergabung dalam Pasar Mitra Tani Ponorogo.

Petugas bercengkrama dan melayani pembeli dengan ramah

Sementara itu di bagian stand Gelar Pangan Murah, para masyarakat antusias untuk membeli kebutuhan pangan. Pengunjung yang hadir tampak antre untuk mendapatkan sembako murah. Setiap orang dibatasi jumlah pembeliannya agar semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati harga pangan yang terjangkau di tengah lonjakan harga yang sedang terjadi.

Pembelian beras dibatasi jumlahnya agar semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati harga pangan yang terjangkau

Selain sembako, pengunjung juga banyak memborong produk hasil olahan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani. “Buat klethikan sepulang tarawih, Mba,” ujar Ning sambil memasukkan 5 pack rangginan ke dalam tas belanja.

Hasil olahan ibu-ibu KWT diminati pengunjung

“Alhamdulillah, murah tenan ya, Pak,” ucap seorang pengunjung sambil tersenyum sembari berjalan membawa kantong belanja yang berisi gula aren, rangginan, ketan hitam, telur, dan bawang merah. Suaminya tampak menemani di sebelahnya sembari membawa beras di pundak.

“Selain di Kecamatan Sampung, Gelar Pangan Murah Ramadan tahun ini juga akan diselenggarakan di Kecamatan Badegan dan Balong,” pungkas Yayuk Herdianawati, Analis Ketahanan Pangan Bidang Ketahanan Pangan. (ra/kp)