Penebaran Benih Ikan Lokal di Perairan Umum Darat (PUD) Kabupaten Ponorogo

Ponorogo-Pada Kamis, 13 April 2023 di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan tahun ini Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo, melalui Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) melakukan penebaran benih ikan lokal jenis tawes. Penebaran dilakukan di 6 (Enam) titik Perairan Umum Darat (PUD) di wilayah Kabupaten Ponorogo sebanyak 130.800 ekor benih ikan tawes. Keenam titik PUD tersebut adalah perairan Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo, Desa Wates Kecamatan Jenangan, Desa Bondrang Kecamatan Sawoo, Desa Trisono Kecamatan Babadan, Desa Kemuning Kecamatan Sambit, dan Desa Bungkal Kecamatan Bungkal.

Penyerahan benih ikan di Desa Bungkal Kecamatan Bungkal yang selanjutnya ditebarkan di perairan umum darat setempat

Siti Barokah Kabid PKHP dalam penyerahan benih ikan di Desa Bungkal Kecamatan Bungkal berharap benih ikan yang ditebar dapat lestari dan berkembang biak di perairan umum darat Kabupaten Ponorogo. Beliau juga berharap Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) serta pemerintah desa setempat berperan aktif dalam pelestarian PUD dengan cara pembersihan dan pencegahan penangkapan ikan dengan cara merusak lingkungan.

Penebaran benih ikan di Desa Trisono Kecamatan Babadan

“Penangkapan ikan dengan menggunakan racun dan setrum sangat merusak kelestarian ikan lokal, kami berharap kerjasama dari POKMASWAS dan Pemerintah Desa untuk pengawasan dan pencegahannya,” tegasnya.

Penyerahan sekaligus penebaran benih ikan di perairan umum darat Desa Wates Kecamatan Jenangan

Dengan dilaksanakannya kegiatan penebaran benih ikan lokal di perairan umum darat diharapkan mampu menjaga kelestarian dan ketersediaan ikan lokal di lingkungan. Selain itu masyarakat sekitar juga dapat mendapat manfaat dari penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

Penebaran ikan di perairan umum darat Desa Kemuning Kecamatan Sambit

Sapto Priyono selaku Kepala Desa Bungkal Kecamatan Bungkal menyampaikan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan oleh Dipertahankan Kabupaten Ponorogo.

“Pokmaswas Beji Goran Desa Bungkal dan seluruh warga Desa Bungkal berterimakasih atas penebaran benih tawes di perairan Desa Bungkal,” ucapnya.

Penyerahan dan penebaran benih ikan di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo

Hal yang sama disampaikan Moh. Ali ketua Pokmaswas Beji Goran.

“Penebaran benih ikan tawes ini kami harap bisa berkembang biak dan lestari,” ujarnya. (Nurdianaban)