Bupati Ponorogo Monitoring Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah

PONOROGO – Selasa, 16 Mei 2023, Bupati Ponorogo dan timnya melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Jenangan. Kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan Monitoring Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di tiga desa, yakni: Desa Jenangan, Wates, dan Semanding. Jumlah penerima bantuan untuk masing-masing desa yakni Jenangan sejumlah 268 orang, Wates sejumlah 237 orang, dan Semanding sejumlah 206 orang. Kriteria penerima Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yaitu sebagaimana kriteria penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), diantaranya yaitu warga miskin atau rentan miskin; bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri; serta terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Penerima bantuan CPP berkumpul di Balai Desa Jenangan

Wujud kegiatan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) ini yaitu pembagian beras sejumlah 10 kg per kepala. Di tengah harga beras yang sedang melambung tinggi, adanya bantuan Cadangan Pangan Pemerintah ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya warga miskin. Pemberian bantuan ini merupakan  wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya yang berstatus miskin. Selain itu, hal ini juga merupakan pengamalan dari UUD 1945 Pasal 34 Ayat 1, bahwasanya fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara.

Kang Giri memberikan sambutan di Balai Desa Wates

Pada acara seremonial penyerahan bantuan, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan harapan agar bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya, terutama beras yang merupakan makanan pokok bagi sebagian besar warga Indonesia, khususnya di Desa Jenangan, Wates, dan Semanding. Selain itu, bantuan pangan ini juga diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran.

Lebih lanjut Kang Giri menyampaikan bahwa beras yang disalurkan telah melalui proses pengecekan. “Beras yang dibagikan ini sudah dipastikan kualitasnya sesuai standar beras medium dan aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Tim Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo melakukan pengecekan beras

Adapun proses pengecekan beras telah dilakukan oleh tim dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo pada tanggal 15 Mei 2023 bertempat di gudang Bulog Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan dan Desa Madusari Kecamatan Siman. Tim melakukan pemeriksaan terhadap kualitas beras sampai dengan proses pengemasannya. [Suluh A.P.]