Monitoring Sarpras Penyuluhan, Sekretaris DIPERTAHANKAN Kunjungi BPP Jambon

PONOROGO – Rabu, 24 Mei 2023, Arief Efendi selaku Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Kab. Ponorogo didampingi Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian melakukan kunjungan mendadak ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Jambon. Kunjungan tanpa pemberitahuan ini juga dilakukan ke seluruh BPP di Kabupaten Ponorogo. Tujuan utama Bapak Sekdin melakukan kegiatan ini adalah agar lebih mengenal Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan juga untuk monitoring kondisi sarana prasarana penyuluhan di Balai Penyuluhan Pertanian.

Suasana diskusi Sekdin dan PPL Kecamatan Jambon

Dalam kunjungan tersebut, dilakukan pengecekan dan diskusi terkait sarpras penyuluhan di BPP Jambon. Adapun salah satu hal yang dibahas adalah tentang tindak lanjut dari program pembangunan green house di BPP Jambon. PPL Kecamatan Jambon berharap green house dapat dikelola sebagai demplot dan meminta dukungan dinas untuk memberikan anggaran dalam mengisi green house dengan tanaman semusim seperti tanaman sayur, buah, dan bunga dalam pot.

Bapak Sekdin sependapat terkait permintaan kegiatan untuk mengelola green house ini. Beliau berharap Tim BPP Jambon dapat berkoordinasi dengan Kepala Bidang Penyuluhan agar dibuatkan rencana kegiatan dan dimasukkan ke dalam anggaran tahun 2024. “Kalau untuk tahun ini kemungkinan belum bisa, karena pengajuan anggaran dilakukan di N-1,” terang Bapak Sekdin.

Kondisi green house BPP Jambon yang masih kosong

Kegiatan kunjungan Bapak Sekdin ini mendapatkan respon positif dari PPL Kecamatan Jambon. “Saya pribadi sangat senang dengan adanya kunjungan seperti ini. Kami merasa seperti dijenguk oleh orang tua. Selain itu, juga bisa menjadi momen sharing permasalahan penyuluh di lapang,” ungkap Samiadi, salah satu PPL Kecamatan Jambon saat menanggapi kehadiran Bapak Sekdin ke BPP Jambon. (Yhulia T.W.)