DIPERTAHANKAN DAN AGROFARM LAKSANAKAN GELAR TEKNOLOGI PERTANIAN

PONOROGO – Gelar Teknologi Pertanian bertemakan Gelar Teknologi dan Kemitraan Ortani By Agrofarm dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sukorejo pada hari Rabu tanggal 7 Juni 2023. Acara ini merupakan kerja sama antara Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DIPERTAHANKAN) Kabupaten Ponorogo dengan PT. Agrofarm Nusa Raya. Gelar teknologi ini dihadiri sekitar 350 peserta/petani, diantaranya seluruh ketua kelompok tani  di wilayah Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Sampung, dan Kecamatan Kauman.

Penyambutan peserta gelar teknologi

Turut hadir dalam acara ini Masun selaku Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo, Direktur Utama PT. Agrofarm Nusa Raya, Kapolsek Kecamatan Sukorejo, dan Danramil Kecamatan Sukorejo. Acara gelar teknologi ini merupakan salah satu terobosan program Ortani Integrated Farming System (IFS) yang diusung oleh PT. Agrofarm Nusa Raya.

Pada kesempatan tersebut, Masun menyampaikan bahwa petani adalah sebuah profesi yang terhormat dan sangat mulia, karena profesi petani membantu dalam memakmurkan bumi. Ada beberapa anggapan profesi petani ini tidak membanggakan bagi masyarakat pada umumnya. “Bahkan di negara kita saat ini persentase kemiskinan masih didominasi oleh kaum tani,” ujarnya.

Masun meninjau produk-produk PT. Agrofarm Nusa Raya yang dipamerkan selama acara

Masih lanjut Kepala DIPERTAHANKAN, profesi petani banyak mengalami tantangan dan hambatan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karenanya dibutuhkan peran aktif dari berbagai elemen baik dari pemerintah maupun pihak swasta dalam rangka meningkatkan pembangunan pertanian. “Saat ini, tugas kita adalah mengajak para generasi muda untuk terjun menjadi petani,” paparnya.

Trisna Mardiana selaku Direktur Utama PT. Agrofarm Nusa Raya mengharapkan dengan adanya program kemitraan IFS ini para pelaku pertanian dapat berkembang bersama, maju bersama, sarpras pertanian lancar. “Dengan ikut program Agrofarm hasil panen dapat meningkat, anak cucu kita senang bertani, dan kita masih bisa makan dari beras,“ paparnya.

Antusiasme peserta gelar teknologi

Dalam kerjasama berbasis kemitraan ini, PT. Agrofarm Nusa Raya menawarkan fasilitas kepada petani berupa pinjaman tanpa bunga, pemberian paket pupuk, pembenah tanah, dan nutrisi, serta penyerapan hasil panen sesuai dengan harga pasaran.

Setelah acara gelar teknologi ini, semua petani bisa menjadi mitra. Tidak hanya petani di Kecamatan Sukorejo, Sampung, dan Kauman, akan tetapi bisa berkembang di kecamatan lainnya di Kabupaten Ponorogo. (Hadi Siswanto)