MANFAATKAN LAHAN PEKARANGAN, KWT DAHLIA LAKUKAN PANEN SAYUR ORGANIK

PONOROGO – Pada hari Minggu tanggal 11 Juni 2023, telah dilaksanakan panen sayur organik di Demplot Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia Ds. Belang Kec. Bungkal Kab. Ponorogo yang merupakan wilayah binaan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kec. Bungkal Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo.

Yani Triastuti selaku Penyuluh Pendamping KWT Dahlia mengatakan bahwa KWT Dahlia pernah mendapatkan bantuan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab.Ponorogo pada Tahun 2022. “Alhamdulillah sampai saat ini masih terus berkelanjutan kegiatannya,” lanjutnya. KWT juga mempunyai tempat percontohan/demplot sebagai tempat belajar ibu-ibu anggota KWT bertanam sayuran, mulai dari pembibitan, persiapan lahan/media, penanaman, pemeliharaan, panen, bahkan sampai pemasarannya. “Untuk budidaya tanaman sayurannya sendiri diusahakan dengan sistem organik/ramah lingkungan.” ungkapnya.

Monitoring demplot dari Bidang Ketahanan Pangan

Adanya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan ibu-ibu anggota KWT Dahlia dalam mengusahakan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman sayuran dan bumbu dapur. Pemberdayaan pekarangan sekitar rumah merupakan salah satu cara untuk mengurangi kebutuhan pokok yang harus dibeli. Lahan pekarangan sekitar rumah bisa menjadi tempat kegiatan usaha tani yang mempunyai peranan besar terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga. Pekarangan pada dasarnya dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, misalnya sebagai apotik hidup, menambah pendapatan keluarga, dan juga memberikan keindahan di lingkungan tempat tinggal.

Persiapan pemasaran hasil

Penyuluh pendamping wilayah Desa Belang dari BPP Kec. Bungkal Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo terus melakukan pendampingan selama kegiatan ini. Metode yang digunakan adalah dengan ceramah dan pelatihan langsung kepada anggota KWT. Pendampingan dilakukan mulai dari persiapan, pelatihan, dan pendampingan.

Upaya pemanfaatan lahan pekarangan budidaya sayuran sangat berdampak baik bagi KWT Dahlia sehingga mampu memberi kontribusi untuk peningkatan ketersediaan sayuran yang sehat dan bergizi untuk lingkup keluarga. (Yani Triastuti)