KISAH GAPOKTAN TANI MAKMUR, JUARA 1 LOMBA GAPOKTAN BERPRESTASI YANG SUKSES KEMBANGKAN RUBUHA

PONOROGO – Pada puncak peringatan Hari Krida Pertanian ke-51 di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo (Rabu, 21/06/2023), Gapoktan Tani Makmur Desa Bedingin Kecamatan Sambit menerima penghargaan sebagai Juara 1 Gapoktan Berprestasi. Hadiah diserahkan langsung oleh Kang Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Penghargaan ini diperoleh Gapoktan Tani Makmur setelah diadakan pemaparan pada tanggal 7 Juni 2023 dan verifikasi lapang pada tanggal 15 Juni 2023 oleh tim juri Lomba Gapoktan Berprestasi. Salah satu unit usaha yang sukses dijalankan oleh gapoktan ini adalah pengembangan Rubuha.

Rubuha, singkatan dari Rumah Burung Hantu, adalah tempat tinggal bagi burung hantu (Tyto alba) di areal persawahan. Rubuha ini merupakan salah satu cara alami pengendalian hama tikus yang dinilai efektif dan efisien.

Rubuha siap dikirim ke pembeli

Gapoktan Tani Makmur telah mengembangkan Rubuha sejak tahun 2019. Hal ini diawali dengan pembuatan dan pemasangan 5 unit Rubuha di areal persawahan Desa Bedingin. Setelah melihat efektivitasnya dalam pengendalian hama tikus, akhirnya banyak pihak tertarik. Gapoktan Tani Makmur kemudian mendapat banyak pesanan dari kelompok tani sekitar Sambit. Bahkan mereka pernah melayani pemesanan dari luar Kabupaten Ponorogo.

“Rubuha buatan kami secara desain dan bahan telah disesuaikan dengan spesifikasi yang disampaikan oleh petugas POPT, sehingga hampir semua rubuha dihuni oleh burung hantu,” ujar Muhammad Ihsani selaku pengurus Gapoktan yang bertanggung jawab atas unit usaha pengembangan Rubuha. Ihsani juga menambahkan bahwa mereka juga pernah melakukan studi tiru ke Demak untuk dapat menghasilkan rubuha yang baik.

Contoh pemasangan Rubuha di lahan sawah

Ketua Gapoktan Tani Makmur, Hadi Purnomo, menyampaikan bahwa hingga tahun ini Gapoktan Tani Makmur telah menghasilkan lebih dari 400 unit Rubuha. “Rubuha tersebut sudah tersebar sampai kabupaten lain, seperti Madiun dan Ngawi,” ungkapnya.

Saat verifikasi lapang berlangsung, salah satu tim penilai, Dheny Hendra Irawan, menyampaikan bahwa Gapoktan yang nantinya bersaing di Tingkat Provinsi harus memiliki unit usaha atau komoditas unggulan. “Pengembangan Rubuha ini bisa dijadikan salah satu unit usaha andalan Gapoktan Tani Makmur untuk bersaing di Tingkat Provinsi,” tuturnya.

Design Rubuha ditampilkan kepada tim juri saat verifikasi lapang Lomba Gapoktan Berprestasi

Selain pengembangan Rubuha, Gapoktan Tani Makmur juga memiliki beberapa unit usaha lainnya. Adapun unit usaha lain tersebut adalah simpan pinjam, jasa persewaan alsintan (Corn Combine dan Hand Tractor), tunda jual gabah, dan Mini Rice Milling. (rindriapraja)