Profil Hariyanto, Sang Juara 1 Petani Berprestasi dari Desa Munggu Kecamatan Bungkal

PONOROGO – Hari Rabu tanggal 21 Juni 2023 merupakan salah satu hari yang membahagiakan bagi Hariyanto. Pasalnya, pada hari itu dilaksanakan penyerahan penghargaan kepadanya dari Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko secara langsung. Penghargaan tersebut diberikan karena Hariyanto meraih Juara 1 Petani Berprestasi Tingkat Kabupaten Ponorogo.

Setelah lulus SMP pada tahun 2000, Hariyanto memilih merantau dan bekerja di perkebunan kelapa sawit di Riau. Kemudian pada tahun 2012, pria berumur 36 tahun ini memulai usaha berkebun sendiri dengan membuka lahan kelapa sawit di Jambi seluas 50 ha. Tahun 2019, kelapa sawitnya sudah mencapai produksi maksimal. “Selama 7 tahun itu, saya wira-wiri Ponorogo – Jambi. Namun pada tahun 2020 karena ada pandemi Covid, saya memutuskan untuk menekuni usaha tani bidang peternakan (ternak ayam potong) di sini (Desa Munggu, red),” ungkap Hariyanto. Saat ini sudah kurang lebih 2 tahun dirinya menggeluti usaha ternak ayam potong.

Ternak ayam potong yang dimiliki Hariyanto

Selain budidaya ayam potong, Hariyanto juga melakukan usaha budidaya hortikultura, diantaranya adalah melon, timun, dan pare. Usaha ini sudah berjalan selama kurang lebih 1 tahun dan tak kalah sukses dibanding usaha ternak ayam potongnya.

Adapun teknologi usaha tani yang dimiliki Hariyanto adalah ternak ayam potong dengan kandang tingkat 3 yang menggunakan sistem Close House dan budidaya melon dengan sistem setengah engkel. Menurutnya, kedua teknologi ini lebih menguntungkan dibanding sistem yang biasa dipakai peternak dan petani lainnya.

Dengan kegigihan dan keuletannya, usahanya membuahkan hasil yang manis. Bahkan, Hariyanto berencana akan mengembangkan sayapnya dengan usaha ternak bebek pedaging dan ikan gurami.

Tanaman melon yang dibudidayakan Hariyanto

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Bungkal, Windari, menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat kepada Hariyanto yang telah meraih juara 1 petani berprestasi. Dirinya berharap agar Hariyanto dapat meneruskan jejak Misno dari Desa Bancar yang telah meraih Juara 1 Petani Berpretasi Tingkat Provinsi tahun 2021. “Hariyanto adalah motivator dan penggerak bagi anak-anak muda di Desa Munggu untuk berusaha tani, baik di bidang peternakan maupun budidaya tanaman hortikultura,’’ tambahnya.

Windari juga mengungkapkan bahwa Hariyanto adalah sosok petani yang mandiri, maju, dan modern, sehingga bisa dicontoh oleh petani yang lain untuk bisa lebih baik kedepannya. Selanjutnya, dia mengajak seluruh tim BPP Kecamatan Bungkal agar siap mendampingi Hariyanto untuk maju dalam Lomba Petani Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Untuk para generasi muda di Kabupaten Ponorogo, Hariyanto berpesan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau mencoba. “Ayo kita terjun di dunia pertanian, tidak usah malu, karena kalau kita mau maka hasil pasti akan mengikuti,” ujarnya. (Yani Tri Astuti)