LINDUNGI PETANI, DIPERTAHANKAN GELAR SOSIALISASI DAN KOORDINASI AUTP

PONOROGO – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo  menyelenggarakan Sosialisasi dan Koordinasi AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi), yang ditujukan untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Selasa tanggal 13 Juni 2023 hingga Rabu tanggal 26 Juli 2023. Hingga saat ini terdapat 6 kecamatan yang telah mendapat sosialiasi tersebut, antara lain Kecamatan Ngrayun, Ngebel, Sooko, Sawoo, dan Badegan. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Tim Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan, serta perwakilan kelompok tani.

Saat ini, usaha sektor pertanian khususnya tanaman padi dihadapkan pada risiko ketidakpastian sebagai dampak negatif perubahan iklim yang merugikan petani. Guna mengatasi kerugian tersebut, pemerintah membantu mengupayakan perlindungan usaha tani dalam bentuk asuransi pertanian.

Samidi saat menyampaikan sosialisasi dari BPP Kec. Sooko

Menurut Analis Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Samidi, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat tani mengetahui program pemerintah yang dapat membantu dalam menyejahterakan petani. “AUTP merupakan program perlindungan petani melalui asuransi komoditas,” ujarnya.

Masih menurut Samidi, petani yang mengalami kegagalan panen dapat mengklaim kerugian melalui asuransi ini. Program asuransi ini bertujuan memberikan rasa aman dalam bertani. Sebab, pada saat terjadi kegagalan panen, petani akan mendapatkan modal melalui hasil klaim dari pihak asuransi.

Petani antusias mengikuti sosialisasi

Asuransi pertanian sangat penting bagi petani untuk melindungi usahataninya. Program AUTP ini dapat menjadi salah satu cara pengalihan risiko dengan memberi ganti rugi pada petani yang gagal panen, sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin. Jaminan asuransi dapat diberikan terhadap kerugian akibat kerusakan tanaman yang disebabkan oleh banjir, kekeringan, serta serangan hama dan penyakit tanaman atau organisme pengganggu tumbuhan.

Program AUTP diharapkan dapat melindungi petani, memberdayakan petani, memberikan rasa aman dan nyaman dalam berusaha tani, meningkatkan kesejahteraan petani, meningkatkan taraf hidup petani, serta meningkatkan kontribusi pertanian dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, kegiatan sosialiasi ini akan terus dilakukan di 21 kecamatan di Kabupaten Ponorogo. (Rzk)