Tim DIPERTAHANKAN Verifikasi Lahan KP2B Overlap dengan Kawasan Kehutanan di Kecamatan Pudak

PONOROGO – Hasil inventarisasi dan identifikasi lahan sawah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo menunjukkan adanya lahan KP2B (Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan) yang bertampalan atau overlap dengan kawasan hutan. Dengan adanya hal tersebut maka tim dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo melakukan verifikasi ke masing-masing lahan yang overlap. Adapun kegiatan tersebut dijadwalkan mulai tanggal 8 Mei – 26 Juni 2023.

Proses verifikasi bersama perangkat desa

Verifikasi di Kecamatan Pudak dilakukan selama 2 hari, yaitu tanggal 5 – 6 Juni 2023. Di Kecamatan Pudak ada enam  desa yang perlu diverifikasi, yaitu Desa Banjarejo, Desa Pudak Wetan, Desa Pudak Kulon, Desa Krisik, Desa Bareng, dan Desa Tambang. Pelaksanaan verifikasi dengan cara survei langsung di masing-masing desa dengan berkoordinasi dengan kepala desa dan perangkat desa setempat. Lahan yang overlap perlu membuktikan dengan dokumen sanggah. Dokumen sanggah dapat berupa bukti kepemilikan tanah (letter C, sertifikat, PTSL, atau SPPT).

Rudi selaku anggota tim verifikasi menyampaikan bahwa di Kabupaten Ponorogo ada sekitar 312 Ha lahan KP2B yang overlap dengan kawasan hutan. “Kegiatan verifikasi  ini kami lakukan dengan tujuan untuk memperjuangkan Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan,” ujarnya. (Risma Hasna Yunita)