Bubur California, Fungisida Organik dari Kapur dan Belerang, Cara Mudah Atasi Gangguan Jamur pada Tanaman Padi

PONOROGO – Sebagai rangkaian Kegiatan Pemberdayaan Petani dalam Pemasyarakatan PHT (P4), Kelompok Tani Makmur Desa Glinggang mengadakan kegiatan Pembuatan Bubur California atau lebih dikenal BC pada tanggal 24 Juli 2023. Acara dihadiri oleh pengurus kelompok tani, peserta kegiatan P4, POPT Kecamatan Sampung, beserta Koordinator dan seluruh Penyuluh Pertanian Kecamatan Sampung, Ponorogo.

Suroso, selaku Penyuluh Pertanian Pendamping Desa mengungkapkan bahwa adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kemampuan petani. “Utamanya dalam pengelolaan agroekosistem sesuai dengan prinsip dasar PHT dan pertanian yang ramah lingkungan,” katanya.

Penimbangan kapur gamping sebagai bahan pembuatan BC

Dalam acara tersebut dilakukan praktek meracik Bubur California. Bubur California merupakan fungisida organik yang cukup ampuh melawan penyakit jamur. Cara membuat bubur california sangat mudah dan bahannya pun mudah diperoleh. Bubur california dapat digunakan sebagai fungisida alami untuk mengendalikan dan mencegah berbagai jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur patogen.

Proses perebusan dan pengadukan Bubur California

Pembuatan Bubur California cukup sederhana, hanya  menyediakan serbuk belerang (belerang halus), kapur gamping (yang sudah halus), dan air dengan perbandingan 1 : 2 : 10. Adapun cara pembuatannya dimulai dengan air direbus sampai mendidih, setelah mendidih masukkan belerang dan kapur. Larutan diaduk sampai warna berubah menjadi coklat kemerahan. Mengingat bahan baku utamanya adalah belerang, maka sangat disarankan dalam proses pembuatannya harus menggunakan alat pelindung diri, khususnya masker untuk mencegah terhirupnya uap saat proses memasak bubur california.

Proses pengemasan Bubur California yang sudah dingin ke dalam botol

Bubur California yang sudah jadi didiamkan sampai dingin dan terpisah antara cairan dan endapan. Setelah 1 x 24 jam, cairan diambil untuk digunakan sebagai fungisida. Dosis penggunaannya adalah 1 gelas (200 ml) Bubur California dicampurkan ke dalam 1 tanki air bersih. Semprotkan ke tanaman yang terserang jamur dengan nozzle mengabut.

Penggunaan belerang dan kapur sebagai bahan pembuatan fungisida organik memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya yakni dapat menekan biaya pestisida, lebih ramah lingkungan, dan tidak mengandung toksik bagi kesehatan manusia. Sederhananya, petani dapat membuat sendiri bubur california dan mengimplementasikannya ke lapangan memulai kemandirian tanpa ketergantungan pestisida sintetik dalam proses budidaya. Bubur California juga efektif dalam mengatasi gangguan tanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur dan jenis-jenis tertentu dari golongan akarina.

Bubur California yang sudah jadi dan siap diaplikasikan di lahan petani

Pipit, salah seorang peserta, mengungkapkan bahwa teknik pengendalian secara organik seperti ini dianggap cukup mudah dan murah. “BC atau Bubur California diharapkan dapat menjadi alternatif pengendali OPT bagi petani dan menekan ketergantungan petani terhadap produk pestisida,” ungkapnya. Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak petani yang mengetahui informasi mengenai banyaknya alternatif untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman. “Contohnya dari bahan belerang dan sulfur ini yang ketersediannya melimpah di sekitar kita. Selain itu, bisa disimpan hingga bertahun-tahun,” imbuhnya. (ULFA-IMANTO)