LOMBA CIPTA MENU PANGANKU B2SA TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2023

PONOROGO – Senin, 24 Juli 2023 Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Panganku Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Tahun 2023. Lomba ini diikuti sebanyak 21 peserta yang merupakan perwakilan Tim Penggerak PKK dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Ponorogo. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Ponorogo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo dan Perwakilan Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan.

Bupati Ponorogo bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo didampingi oleh Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo berkeliling melihat dan mencicipi beragam menu yang dilombakan

Lomba Cipta Menu berlangsung pada pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Sebanyak 3 juri dilibatkan dalam Lomba Cipta Menu yang terdiri dari unsur: Ahli Gizi dari RSU Aishiyah Ponorogo, Akademisi SMKN 2 Ponorogo dan Chef Rumah Makan Joglo Manis.

Penyelenggaraan Lomba Cipta Menu ini dalam rangka mendukung penanganan stunting, lomba ditekankan pada pemenuhan pangan untuk ibu hamil khususnya protein hewani, asam folat dan zat besi.

“Dengan adanya Lomba Cipta Menu diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas ibu-ibu dalam mengolah panganan lokal menjadi makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga serta menjadi kebiasaan baik di lingkungan. Selain itu diharapkan pula angka stunting Kabupaten Ponorogo semakin menurun karena gizi keluarga sudah terpenuhi dengan beragam olahan pangan bergizi tersebut,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Susilowati Sugiri Sancoko.

Ketiga juri lomba cipta menu B2SA berkeliling untuk memberikan penilaian

Adapun kriteria penilaian Lomba Cipta Menu yakni:

  • Resep 1 hari (bobot 60%)
  • Menu display (bobot 80%) yang terdiri dari: keseimbangan menu sesuai porsi (20%), keanekaragaman jenis bahan pangan (10%), kreativitas pengembangan resep masakan dan aplikatif sehari-hari (25%), cita rasa (25%), penampilan, penyajian dan keamanan pangan (20%)
  • Dukungan penerapan konsumsi B2SA (bobot 10%)

Lomba Cipta Menu berlangsung cukup meriah, para peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara lomba. Menu yang disajikan oleh para peserta sangat beragam dan bervariasi berdasarkan keativitas masing-masing. Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bahan pangan lokal yang mudah dijumpai dan dibeli di pasar tradisional Kabupaten Ponorogo.

Adapun pemenang Lomba Cipta Menu Panganku B2SA Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Ponorogo yakni:

  • Juara I         : Tim Penggerak PKK Kecamatan Jenangan
  • Juara II        : Tim Penggerak PKK Kecamatan Babadan
  • Juara III      : Tim Penggerak PKK Kecamatan Ponorogo
  • Juara Kategori Penghargaan Kreasi Menu Aplikatif : Tim Penggerak PKK Kecamatan Jetis
  • Juara Kategori Penghargaan Kreasi Menu Beragam dan Berimbang : Tim Penggerak PKK Kecamatan Pulung
  • Juara Kategori Penghargaan Kreasi Cita Rasa dan Penampilan : Tim Penggerak PKK Kecamatan Siman

Lomba Cipta Menu salah satu upaya diversifikasi konsumsi pangan dan memasyarakatkan Pola Konsumsi B2SA. Pangan B2SA dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat, aktif, dan produktif. Dalam upaya mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang B2SA, Kabupaten Ponorogo mempunyai potensi alam yang cukup melimpah dan warisan resep menu yang beragam serta bisa dikemas dengan cara kekinian sehingga bisa diperkenalkan kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya melalui kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten yang selanjutnya pemenangnya diikutkan ke Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Jawa Timur. (kp)