PELATIHAN KEAMANAN PANGAN B2SA DAN TECHNICAL MEETING LCM PANGANKU B2SA TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2023

PONOROGO-Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Pangan B2SA dan Technical Meeting LCM Panganku B2SA Tingkat Kabupaten Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan dua hari tanggal 11 Juli 2023 yang diikuti 21 Tim PKK Kecamatan bersama dengan pengurus Tim Pokja III PKK Kabupaten. Untuk Tanggal 12 Juli 2023 diikuti oleh Koordinator Kecamatan dan beberapa anggota kelompok wanita tani.

Peserta pelatihan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Lomba Cipta Menu merupakan salah satu upaya diversifikasi konsumsi pangan dan memasyarakatkan Pola Konsumsi B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman). Pangan B2SA dibutuhkan tubuh agar dapat hidup sehat, aktif, dan produktif.

Narasumber saat memberikan materi

Narasumber hari pertama Mahmudah Hamawi dari Universitas Darussalam Gontor menyampaikan materi dengan tema Penerapan B2SA dalam Penyusunan Menu Keluarga Sehari-hari.

“Alangkah baiknya untuk lomba cipta menu kali ini memanfaatkan buah lokal dan bahan lokal sehingga nantinya dapat mudah untuk diterapkan dalam menu-menu keluarga harian di masyarakat,” ujarnya.

Peserta pelatihan mengikuti dengan antusias

Untuk tahun ini, dalam rangka mendukung penanganan stunting, lomba ditekankan pada pemenuhan pangan untuk ibu hamil khususnya protein hewani, asam folat dan zat besi.

Titi Listyorini selaku wakil ketua Pokja III Kabupaten menambahkan tentang ketentuan lomba cipta menu.

“Resep yang dilombakan susunan menu lengkap keluarga untuk 1 hari, dengan susunan anggota keluarga terdiri dari  ayah (30 tahun), ibu hamil (28 tahun), dan anak laki-laki (5 tahun) serta untuk display menu sarapan serta kudapan pagi, pelaksanaan lomba direncanakan tanggal 24 Juli 2023,” jelasnya.

Untuk hari ke dua Pelatihan Keamanan Pangan B2SA dilanjutkan dengan tema Pekarangan Sumber Pangan B2SA Keluarga, tema kali ini untuk pendampingan Penanaman Bibit Sayuran Mendukung Kegiatan PKK yang merupakan tindak lanjut monitoring bantuan bibit sayuran di TP PKK desa. (kp)