PENYERAHAN BANTUAN DOC AYAM KUB DARI DIPERTAHANKAN KAB PONOROGO

PONOROGO – Tepat hari ini Selasa, 11 Juni  2023, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo memberikan bantuan DOC (Day Old Chicken) Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) ke KWT Teratai Desa Purwosari Kecamatan Babadan. Bantuan ini diberikan setelah beberapa waktu lalu KWT mengajukan proposal ke dinas.

Siti Syamsiyah selaku Koordinator Penyuluh Pertanian Babadan menjelaskan bahwa selain KWT Teratai, hari ini juga ada penerimaan bantuan yang sama di KWT Makmur Sejati yang diketuai oleh Prihatin di Desa Gupolo Kecamatan Babadan.

“Kami menerima DOC ayam KUB sebanyak 500 ekor,” ungkap Kartini selaku Ketua KWT Teratai.

“Kami juga sudah ikut pelatihan tentang budidaya ayam KUB yang diadakan oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo,” lanjutnya.

Anggota KWT Teratai senang menerima bantuan DOC ayam KUB

Jenis ayam KUB ini sudah bisa dipanen sejak umur 3 bulan dengan bobot ayam 0.7 kg. Adapun untuk penetasannya bisa di umur 6-7 bulan. Hal ini membuktikan bahwa tingkat produktifitas ayam KUB lebih tinggi dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Henggar Rinenggani selaku Penyuluh Pertanian setempat menjelaskan tentang perawatan untuk ayam KUB, berupa pemberian makan dan minum untuk ayam KUB sejak usia 0 hari, serta pemberian vaksin. Vaksin untuk ayam KUB harus diberikan secara berkala dan terjadwal sesuai anjuran.

Dengan bantuan ayam KUB di KWT Teratai ini, Henggar berharap agar dapat bermanfaat dan sukses sampai panen. “Selain itu, KWT Teratai juga dapat mengembangkan lagi kegiatan ini sehingga berdampak pada tercapainya kesejahteraan anggota KWT,” ungkapnya. (Binti Masnunah)