BPP KECAMATAN KAUMAN ADAKAN PELATIHAN TEMATIK PEMBUATAN PESTISIDA NABATI

PONOROGO – Pada hari Senin, 18 September 2023, telah diadakan pelatihan tematik pertanian yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kauman. Tema dari pelatihan yang disampaikan kepada petani, yaitu pembuatan pestisida nabati. Hal tersebut dilakukan karena kondisi saat ini banyak petani yang telah bergantung pada pemakaian pestisida kimia serta kurangnya minat petani untuk membuat dan mengaplikasikan pestisida nabati pada tanaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Bidang Penyuluhan Dipertahankan Ponorogo, Koordinator PP Kecamatan Kauman beserta PPL, dan perwakilan petani dari tiap desa di Kecamatan Kauman. Acara dimulai dengan sambutan dari Ika Niscahyani dan Endang Sriningsih dari Bidang Penyuluhan. “Semoga dengan diadakannya pelatihan tematik ini, petani lebih antusias untuk mau membuat langsung atau mempraktikkan pembuatan pestisda nabati dan mengaplikasikan di lahan, serta dapat bermanfaat bagi para petani,” ujar Ika Niscahyani.

Sambutan pembukaan acara pelaihan tematik Pembuatan Pestisida Nabati

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Pudjo Utomo selaku Koordinator PP Kecamatan Kuaman serta praktik langsung pembuatan pestisida nabati yang dilakukan oleh para petani. Pudjo Utomo menjelaskan bahwa petani saat ini banyak yang bergantung pada pemakaian bahan kimia pada tanaman. “Sehingga diperlukan kreativitas pembuatan pestisida nabati yang lebih aman dan mudah dibuat oleh petani,” lanjutnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat pestisida nabati ini yaitu umbi gadung, daun mimba, tembakau, serta air. Cara pembuatannya yaitu dengan menumbuk gadung sampai halus, setelah itu dicampur dengan air dan tembakau yang sudah dirajang/dipotong kecil-kecil. Aduk dan tambahkan dengan daun mimba yang ditumbuk/dipotong kecil. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan diamkan sekitar 7-10 hari. Pestisida nabati ini mempunyai keunggulan diantaranya biaya yang murah dan bahan yang mudah diperoleh petani, relatif aman untuk musuh alami, tidak menimbulkan keracunan tanaman, serta sulit untuk menimbulkan kekebalan pada OPT.

Praktik langsung petani dalam pembuatan Pestisida Nabati

Petani sangat antusias dalam mendengarkan pengarahan serta melakukan praktik langsung pembuatan pestisida nabati. Beberapa pertanyaan diajukan oleh petani, mulai dari manfaat, cara kerja, dan aplikasi pada tanaman. (D Dwi J)