Gelar Pangan Murah dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023

PONOROGO-Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo bekerja sama dengan Perum Bulog Sub Divre Ponorogo kembali mengadakan Gelar Pangan Murah dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan.

Bupati Ponorogo berkeliling mengunjungi stand pasar murah

Gelar Pangan Murah tersebut diselenggarakan sekaligus untuk meramaikan Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023 pada hari Kamis, 9 Februari 2023 di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan tajuk Inovasi Pangan, Sandang, Papan Berbasis Informasi dan Kebudayaan. Selain Gelar Pangan Murah, diselenggarakan juga Nobar dan Bedah Film Silat Tani bersama berbagai narasumber mulai dari perwakilan petani muda Ponorogo, Dekan FISIP Universitas Ponorogo, mantan jubir KPK/Kepresidenan, dan Komisioner KPI Pusat.

Gelaran acara tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Wakil Bupati Ponorogo, Kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo, Kepala Bidang Ketahanan Pangan beserta jajaran staf, siswa-siswi/mahasiswa se-eks Karisidenan Madiun, dan masyarakat.

Pengunjung membeli berbagai sembako dengan harga di bawah harga pasar

Komoditas pangan yang dijual dalam Gelar Pangan Murah ini antara lain: Beras Medium Rp42.500/5kg, Beras Premium Rp59.000/5kg, Minyak Goreng Rp15.500/liter, Gula Pasir Rp13.000/kg, dan Telur Ayam Rp25.000/kg. Selain komoditas tersebut terdapat juga produk olahan lokal hasil produksi ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tergabung dalam Pasar Mitra Tani Ponorogo.

Pengunjung terlihat antre untuk berbelanja sembako

Sementara itu di bagian stand Gelar Pangan Murah, para masyarakat antusias untuk membeli kebutuhan pangan. Pengunjung yang hadir tampak antre untuk mendapatkan sembako murah. Setiap orang dibatasi jumlah pembeliannya agar semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati harga pangan yang terjangkau di tengah lonjakan harga yang sedang terjadi.

“Alhamdulillah dapat beras yang harganya murah. Saya tadi datang sejak pagi, Mba. Semoga bazar murah ini ada lagi saat puasa,” ucap seorang pengunjung sambil tersenyum sembari menggandeng putranya setelah mendapatkan beras. (ra/kp)