BPP NGEBEL LAKSANAKAN PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGOLAHAN PAKAN TERNAK BERMUTU

PONOROGO – Pelatihan pembuatan dan pengolahan pakan ternak bermutu di Balai Desa Sempu, Kecamatan Ngebel, Ponorogo diselenggarakan pada hari Senin, 15 Mei 2023. Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Ngebel ikut andil dalam pelaksanaan pelatihan tersebut sebagai pemateri. Petugas dari Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo juga turut mendampingi. Pelatihan tersebut diikuti oleh sebagian besar warga masyarakat desa yang memiliki usaha di bidang peternakan.

Sambutan dari Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Ngebel

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Desa dan dilanjutkan sambutan dari Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Ngebel. Keduanya menyambut baik adanya pelatihan tersebut. ”Kegiatan pelatihan seperti ini seharusnya rutin dilakukan mengingat potensi pertanian yang dimiliki masyarakat Desa Sempu sangat besar,” ujar Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Ngebel, Hery Maryanto.

Pemaparan materi disampaikan oleh Watkulil Anam selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sempu terkait tata cara pembuatan pakan ternak bermutu dalam hal ini silase.

“Pembuatan silase ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan nutrisi dari pakan ternak sehingga nantinya hewan ternak lebih sehat dan kebutuhan gizi ternak tercukupi,” ujarnya.

Antusiasme peserta pelatihan terlihat pada saat sesi tanya jawab dan diskusi mengenai manfaat silase yang berlangsung secara aktif. Pelatihan dilanjutkan dengan praktek pembuatan silase yang langsung diikuti oleh peserta pelatihan dengan didampingi petugas dari PKHP.

Praktek pembuatan silase

Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh warga masyarakat desa dan diharapkan dapat terus berjalan di kemudian hari. “Pelatihan  ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama saya yang sangat awam dengan pembuatan pakan ternak silase ini,” ungkap Rustin, salah satu peserta pelatihan. (Qurota A’yun)