MONEV ALSINTAN PASCA PANEN DARI KEMENTAN DI POKTAN BERKAH TANI KELURAHAN KADIPATEN

PONOROGO – Kamis, 7 Juli 2023 petugas dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI didampingi petugas dari Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo dan tim BPP Babadan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di poktan Berkah Tani Kelurahan Kadipaten Kec. Babadan. Hal ini terkait penerimaan dan pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan) pasca panen dryer yang diterima oleh poktan tersebut.

Menurut Eva, petugas dari Dirjen Tanaman Pangan Kememtan, monev perlu dilakukan agar pemanfaatan alsintan dapat optimal bagi peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. “Mengingat pentingnya optimalisasi alsintan, maka secara periodik kita monitoring dan evaluasi,” imbuhnya.

Eva menambahkan bahwa kebijakan Kementan saat ini adalah penyelarasan dan sinkronisasi data alsintan dari tingkat bawah sampai pusat. Hal ini juga perlu dilakukan di Kabupaten Ponorogo, mengingat poktan masih sangat memerlukan fungsi alsintan tersebut.

Sugito menunjukkan operasional dryer

Sugito selaku anggota poktan Berkah Tani yang menjalankan mesin tersebut menjelaskan bahwa saat ini mesin dryer tersebut bisa beroperasi dengan baik. “Dryer juga sudah dimanfaatkan secara optimal bagi anggota kelompok tani dan petani sekitar,” pungkasnya.

Hasil dari monev ini akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan serta langkah-langkah yang perlu dilakukan ke depannya. (Binti Masnunah)