TRAINING PENGGUNAAN COMBINE HARVESTER

PONOROGO – Rabu, 16 Agustus 2023, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo mengundang enam kelompok penerima bantuan Combine Harvester untuk mengikuti training pengoperasian alat yang diberikan langsung oleh teknisi dari PT. Corin Mulya Gemilang (CMG), penyedia alat Combine Harvester Maxxi Bimo 102.

Kelompok penerima bantuan combine harvester siap mengikuti training pengoperasian alat

Melalui training ini, diharapkan kelompok penerima memahami cara penggunaan dan perawatan yang tepat. Kegiatan training dipusatkan di Desa Kapuran Kecamatan Badegan. Dwi, teknisi dari PT. CMG memaparkan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan. “Jadwal penggantian oli dan cara perawatan sparepart harus diperhatikan,” ucapnya. Tidak hanya itu, petani juga di training teknis pengoperasian alat di lahan agar tidak banyak masalah ataupun kendala saat penggunaan.

Dwi, Teknisi PT. CMG saat memberikan arahan cara pengoperasian alat kepada petani penerima bantuan
Praktik pengoperasian combine harvester di lahan

“Mohon ditingkatkan keamanan dalam penggunaan mesin. Pastikan untuk mematikan mesin terlebih dahulu sebelum membersihkan blower/cerobong. Usahakan tidak ada kegiatan lain di lahan saat pemanenan menggunakan harvester, karena rawan terlindas yang disebabkan oleh pandangan sopir yang kurang leluasa,” pungkasnya. © ryns/tph