Pelatihan Tematik Pertanian di BPP Sawoo

PONOROGO – Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo telah melaksanakan kegiatan pelatihan tematik yang bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sawoo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 12 September 2023 ini terdiri dari dua tema, yaitu Uji Sederhana Aerasi Tanah dan Pembuatan Pakan Silase. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari Bidang Penyuluhan, 11 orang petani, dan 9 orang penyuluh pertanian lapang (PPL) dari perwakilan BPP Sambit, Mlarak, Jetis, dan Sawoo.

Pembukaan acara oleh Koordinator PPL Kec. Sawoo

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka dan dimoderatori oleh Sumarwanto, selaku Koordinator PPL Kec. Sawoo. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Novia Vrisnainila Noer dan Evy Ediana dari Bidang Penyuluhan. “Harapannya, semoga ilmu yang didapat pada pelatihan hari ini bermafaat dan dapat disebarluaskan kepada petani lain khususnya di wilayah desa masing-masing,” pesan Evy Ediana di akhir sambutannya.

Sambutan dari Bidang Penyuluhan

Materi pelatihan pertama yaitu Uji Sederhana Aerasi Tanah yang disampaikan oleh Sarjono selaku PPL Kecamatan Sawoo. Uji aerasi ini bertujuan untuk mengetahui kandungan aliran udara dalam tanah. Uji tanah perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya menjaga kesuburan tanah, karena usaha peningkatan produksi sangat bergantung dari kualitas tanah sebagai media tanam. “Pengujian ini sangat sederhana sehingga dapat dicoba sendiri oleh petani,” jelas Sarjono.

Pemberian materi Uji Sederhana Aerasi Tanah

Pembuatan Pakan Silase Rumput Odot menjadi materi pelatihan selanjutnya. Silase adalah sebuah proses pengolahan hijauan makanan ternak dengan cara diawetkan melalui proses fermentasi dan dapat disimpan dalam waktu lama berkisar antara 3-6 bulan. Materi disampaikan oleh Agung Widiyanto selaku PPL Kecamatan Sawoo.

Pemberian materi Pembuatan Pakan Silase Rumput Odot

Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktik bersama di halaman BPP. Peserta pelatihan terlihat begitu antusias dan berpartisipasi aktif dengan berdiskusi dan praktik bergantian. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar peternak dapat memproduksi sendiri pakan alternatif selain pakan ternak hijauan. Pakan tersebut bisa digunakan oleh peternak sebagai tabungan pakan pada waktu-waktu yang dibutuhkan. “Silase memiliki kelebihan sebagai pakan ternak yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama,” jelas Agung.

Praktek Pembuatan Pakan Silase Rumput Odot

Kegiatan ini berakhir dan ditutup pukul 11.30 WIB oleh moderator. Pelatihan berjalan sesuai harapan dan pada akhir acara ini peserta pelatihan mengharapkan jika pelatihan tematik semacam ini rutin diselenggarakan dengan tema-tema lainnya. (Tri Utami)