PERTEMUAN KTNA KECAMATAN JETIS SEBAGAI WADAH INFORMASI PERMODALAN PENGEMBANGAN USAHA PERTANIAN

PONOROGO – Pertemuan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kecamatan Jetis dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 September 2023 bertempat di BPP Kec. Jetis. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Jetis, Penyuluh Pertanian Kecamatan Jetis, Kepala Bagian Kredit Bank BPR Jatim Wilayah Cabang Ponorogo, Kepala Bagian Dana dan Pelayanan Nasabah Bank BPR Jatim, serta pengurus dan anggota KTNA. Pertemuan KTNA kali ini dilakukan secara kerja sama dengan  Bank BPR Jatim untuk menyampaikan sosialisasi kredit Program Kesejahteraan Masyarakat (Prokesra).

Hadi Suyanto, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Jetis, dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai petani harus mampu memanfaatkan program pemerintah dalam kemudahan akses pembiayaan atau permodalan melalui program Kredit Prokesra. “Dengan hadirnya program ini, diharapkan petani mendapatkan penunjang dalam memenuhi kebutuhan operasionalnya untuk pengembangan usaha pertanian,” ujarnya.

Pemaparan layanan dari Bank BPR Jatim

Dalam sosialisasi tersebut, Tino Darmawan selaku Kepala Bagian Kredit Bank BPR Jatim Wilayah Cabang Ponorogo menjelaskan bahwa Bank BPR Jatim adalah milik Provinsi Jawa Timur dan manajemennya berbeda dengan Bank Jatim. “Layanan perbankan yang diberikan Bank BPR Jatim tidak terbatas hanya dalam kemudahan akses fasilitas permodalan, namun juga tabungan. Fasilitas layanan tersebut merupakan komitmen Bank BPR Jatim dalam mendukung pengembangan usaha di bidang pertanian,” ungkapnya. Adapun permodalan yang diberikan berupa Kredit Prokesra dengan sistem bulanan, yaitu 4 bulanan atau 6 bulanan. “Plafond pinjaman ini mulai dari Rp. 10.000.000,- – Rp. 50.000.000,- dengan bunga 3% per tahun,” lanjutnya. Bunga yang diberikan cukup rendah karena merupakan subsidi dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi  (Disperindagkop).

Lebih lanjut Tino Darmawan menambahkan bahwa Bank BPR Jatim akan memberikan kemudahan pencairan kredit. Semisal pengajuan dilakukan pada hari ini, maka dana akan cair paling lama 3 hari berikutnya. Karena itu, dengan adanya kemudahan sistem kredit dan rendahnya bunga per tahun, diharapkan petani bisa mengakses kredit tersebut.

Chitra Dian Z. sebagai Kepala Bagian Dana dan Pelayanan Nasabah juga menyampaikan Bank BPR Jatim mempunyai produk tabungan yang disebut dengan Tabungan Sikemas. “Tabungan ini merupakan produk baru tabungan berhadiah langsung Bank BPR Jatim yang paling digemari masyarakat. Berhadiah langsung tanpa diundi,” ujarnya. Hadiah dapat dipilih berdasarkan nominal penempatan dana dan jangka waktu yang telah ditentukan. Tabungan Sikemas memiliki suku bunga bersaing dan berlaku untuk nasabah baru perorangan dan non perorangan.

Peserta mempelajari kredit prokesra lewat brosur

Di dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi sehingga muncul beberapa usulan dari petani. Adapun garis besarnya adalah petani menginginkan KTNA bisa meningkatkan peran dan fungsinya sehingga terus mampu menjadi motor penggerak dan penyalur aspirasi anggota dalam perumusan kebijakan bagi peningkatan kesejahteraan petani dan dapat menjadi organisasi yang bisa membantu membangun skala usaha yang memiliki posisi tawar dan daya saing. (indah_pras)