Varietas Tepat, Panen Berlimpah, Kesejahteraan Meningkat

PONOROGO – Pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, telah dilaksanakan panen jagung di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko. Kegiatan ini merupakan hasil demplot dari PT. Advanta Seeds Indonesia yang bekerja sama dengan petani daerah Ngadirojo. Banyak perwakilan petani dari berbagai daerah di Ponorogo diundang untuk menghadiri acara tersebut. Selain itu, jajaran pamong desa setempat serta PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) Kecamatan Sooko yang merupakan perwakilan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo juga turut hadir.

Komoditas jagung memang sedang banyak ditanam di Kecamatan Sooko ketika musim kemarau, tidak terkecuali di Desa Ngadirojo. Para petani memilih komoditas jagung untuk ditanam karena relatif tahan dalam kondisi tanah yang kurang air. Ditambah lagi dengan sulitnya mendapatkan pupuk di pasaran juga membuat petani berpikir keras untuk memilih varietas jagung yang cocok untuk ditanam. Demplot yang dilaksanakan oleh PT. Advanta Seeds Indonesia mencoba menawarkan solusi bagi petani di Desa Ngadirojo dalam menghadapi kelangkaan pupuk di pasaran yaitu dengan cara menanam varietas yang mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik meskipun minim pemupukan.

Petani antusias mengikuti acara

Meskipun minim pemupukan namun produktivitas jagung yang dihasilkan dapat dibilang cukup tinggi dan menguntungkan bagi petani. Beny Miranto (44), anggota Poktan Rukun Santoso Makmur mengatakan bahwa hasil panen jagungnya mencapai 9 ton/ha dengan menanam 12 kg benih jagung di lahan miliknya yang dijadikan lahan demplot. “Hasil panennya tinggi walaupun hanya dikocor pupuk dua kali,” ujarnya. Menurut beliau penggunaan pupuk dapat dihemat hingga 30% dengan cara dikocor.

Pada kesempatan ini, Sugeng Priyadi selaku Koordinator PPL Kecamatan Sooko menyampaikan harapannya mengenai demplot yang diadakan oleh PT. Advanta Seeds Indonesia. “Harapannya dengan adanya demplot ini maka petani di Kecamatan Sooko, khususnya Desa Ngadirojo, dapat meningkat kesejahteraannya,” ujarnya. Selain itu, beliau juga berharap penggunaan varietas jagung yang tepat mampu menjadi salah satu solusi dalam menghadapi kelangkaan pupuk di pasaran.

Sugeng Priyadi menyampaikan sambutannya

Senada dengan yang disampaikan oleh Sugeng Priyadi, Lurah Desa Ngadirojo, Pamuji, juga berharap kemampuan dan pengetahuan petani bisa bertambah dengan adanya demplot ini. Dengan demikian maka kesejahteraan petani khususnya di Desa Ngadirojo juga bisa meningkat. (Yossi Putri)