MAKAN IKAN YUK…..

Mangunsuman, Rabu (13/3/2019) dilaksanakan kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) 2019 yang dihadiri oleh Ketua Forikan Kabupaten Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlisoni, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo Harmanto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Kepala Kemenag Kabupaten Ponorogo, Camat Siman, Lurah Mangunsuman, dan Kepala Sekolah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan HARMANTO membuka acara kegiatan GEMARIKAN 2019

Upaya meningkatkan gizi masyarakat serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan budaya masyarakat. Oleh karena hal tersebut, pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan ikan (GEMARIKAN) tidak hanya merupakan tugas dari pemerintah namun juga tugas bersama antar instansi terkait karena dengan meningkatnya tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia akan turut mendukung pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas. Dalam upaya mendukung pelaksanaan gerakan nasional GEMARIKAN diperlukan suatu koordinasi lintas lembaga, lintas sektoral, lintas profesi dan lintas budaya. Langkah tersebut membutuhkan strategi  baru yang melibatkan seluruh komponen bangsa, agar  mampu membangunkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga.

Ketua FORIKAN Kab. Ponorogo SRI WAHYUNI IPONG MUCHLISONI memberikan arahan kepada peserta GEMARIKAN 2019

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Mendukung program FORIKAN untuk meningkatkan konsumsi makan ikan di Kabupaten Ponorogo
  2. Memberikan makanan tambahan pada anak sekolah untuk peningkatan gizi
  3. Memperkenalkan dan membiasakan anak sekolah untuk mengkonsumsi ikan

Ketua FORIKAN Kab. Ponorogo SRI WAHYUNI IPONG MUCHLISONI menyapa peserta kegiatan GEMARIKAN

Peserta kegiatan ini berasal dari 4 (empat) sekolah yaitu : MI Maarif Mangunsuman, SDN Mangunsuman, Play Group Bina Insan Cita Mangunsuman dan RA Muslimat Mangunsuman.

Tingkat konsumsi makan ikan yang kecil dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan pelaku usaha perikanan. Oleh sebab itu, Gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Program Gemarikan dapat memberikan efek positif terhadap industrinya, maupun pelaku perikanan dan kelautan di segala tingkatan terutama bagi para industri perikanan dan pembudidaya ikan dalam mencapai kesejahteraan. Tercatat tingkat konsumsi ikan Kabupaten Ponorogo tahun 2018 mencapai 16,02 kg/kapita/tahun.