Hari Temu Lapang Petani (FFD) Pengembangan Ubikayu

Anggota Kelompok Tani Ngudi Rahayu Desa Pangkal Kec, Sawoo saat FFD Pengembangan Ubikayu

Sawoo (3/12/2019), dilaksanakan FFD (Hari Temu Lapang Petani) pengembangan Ubikayu di Desa Pangkal Kecamatan Sawoo dengan jumlah peserta 40 orang dari anggota Kelompok Tani Ngudi Rahayu pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2019.

Para peserta dengan serius mendengarkan narasumber

Kegiatan ini dihadiri oleh Kusworo, Kasi Aneka Kacang dan Umbi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa timur; Prof. Solikin dari Balitkabi Malang; Medy Susanto, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Ponorogo; dan Jemani seorang pengusaha mokaf.

Peserta antusias mengikuti kegiatan FFD

Pengembangan Ubikayu di Jawa Timur mulai bergairah lagi, ini terkait dengan penemuan varietas baru yang bernama MONGGU…… yang mampu menghasilkan produksi yang tinggi dengan teknik budidaya sesuai anjuran. Di Provinsi Jawa Timur, Kegiatan Pengembangan Ubikayu dialokasikan di Kabupaten Ponorogo, Lumajang dan Banyuwangi.

Varietas Ubikayu MONGGU ini merupakan percontohan dan selanjutnya nanti bisa dikembangkan di daerah tersebut.

Diharapkan petani Ubikayu juga dapat mengolah produksinya menjadi bahan baku setengah jadi (misalnya jadi chip Mocaf). Petani diharapkan juga mampu menjalin kerjasama dengan pengusaha-pengusaha pengolahan Ubikayu, sehingga bisa menambah nilai jual produk Ubikayunya.

Inilah awal kebangkitan petani-petani Ubikayu di Jawa Timur yg diharapkan terus berkembang secara berkelanjutan.

Penanaman varietas baru MONGGU di lahan kelompok tani Ngudi Rahayu

Kelompok Tani Ngudi Rahayu mendapatkan bantuan bibit ubikayu varietas MONGGU yang secara simbolis ditanam di lahan anggota kelompok tani setempat. Dengan ditanamnya ubikayu varietas MONGGU ini diharapkan para petani dapat mengembangkan varietas baru tersebut ke seluruh warga masyarakat sekitar bahkan dapat berkembang di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo.