PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT HEWAN-Pelayanan Medik Veteriner terhadap Penyakit Kulit pada Sapi

PONOROGO-Medik Veteriner (dokter hewan) Kabupaten Ponorogo pada hari Selasa  (16/11) melakukan pemeriksaan hewan dalam rangka pengendalian hama dan penyakit hewan yang dilaksanakan di Desa Lembah Kecamatan Babadan.

Petugas medik veteriner saat melakukan pemeriksaan

Menurut Roiin Umayya selaku Medik Veteriner (dokter hewan), pemeriksaan hewan yang sakit ini berawal dari laporan peternak di Desa Lembah bahwa ternaknya mengalami gejala sakit, terutama pada kulit ternak sapinya. Setelah sampai di lokasi dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik.

“Diagnosa sementara sapi menderita suspec scabies, dikarenakan untuk memastikan bahwa itu benar-benar scabies harus dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk peneguhan diagnosa. Diagnosa sementara yang kita sampaikan berdasarkan gejala fisik yang ada, yaitu gatal, kulit keras, bulu rontok dan semakin meluas,” jelasnya.

Pengobatan pada ternak sapi

“Pengobatan pada ternak sapi kita berikan dan saran-saran kita sampaikan ke peternak agar ternak sapi nantinya setelah sehat tidak mengalami penyakit kulit lagi,” imbuhnya.

Sedikit membahas tentang Scabies; Scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit kecil mikroskopis yang disebut tungau. Salah satu tungau penyebab scabies adalah Sarcoptes scabiei. Tungau dapat berperan sebagai agen untuk inang tertentu (spesifik) atau dapat juga mempengaruhi berbagai spesies. Tungau menyebabkan gejala gatal yang teramat sangat serta kondisi kulit yang memerah.

“Berkaitan dengan pemeriksaan yang dilakukan merupakan salah satu tugas dari seksi keswan dan kesmavet yang setiap saat harus siap untuk melakukan pelayanan. Dimana Pelayanan di seksi Keswan Kesmavet ada dua pola yaitu pelayanan aktif dan pelayanan pasif. Kegiatan yang hari ini kita lakukan merupakan kelanjutan dari kegiatan pelayanan aktif yang beberapa bulan yang lalu kita laksanakan,” pungkasnya. (ROIIN UMAYYA “Medik Veteriner Muda”)