Restocking Bibit Ikan Lokal di Perairan Umum Darat Wilayah Ponorogo

PONOROGO – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo melalui Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan lokal (restoking) di 6 (Enam) lokasi perairan umum darat wilayah Kabupaten Ponorogo, Rabu (30/3/2022).

Tim Pertama Restocking beserta aparat setempat

Kegiatan penebaran benih ikan lokal dihadiri oleh perangkat desa dan kelurahan setempat, tokoh masyarakat, kapolsek, anggota POKMASWAS dan aparat kecamatan setempat.

Sebanyak 103.881 ekor benih ikan tawes ditebar di Perairan Umum Darat Desa Wotan Kecamatan Pulung, Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko, Desa Jurug Kecamatan Sooko, Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo, Desa Nglurup Kecamatan Sampung dan Desa Truneng Kecamatan Slahung.

Penyerahan bibit ikan kepada Pokmaswas untuk ditebar di perairan umum darat

Dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok restocking, yaitu tim pertama dipimpin Kepala Bidang PKHP Siti Barokah menuju Desa Wotan Kecamatan Pulung, Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko dan Desa Jurug Kecamatan Sooko. Sementara tim kedua dipimpin oleh Erika Primadewi menuju Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo, Desa Nglurup Kecamatan Sampung dan Desa Truneng Kecamatan Slahung.

Tim ke dua restocking menyerahkan bantuan bibit ikan untuk ditebarkan

Ketika penebaran benih ikan lokal di Desa Jurug Kecamatan Sooko Siti Barokah memberikan himbauan kepada masyarakat yang hadir agar ikut berperan aktif dalam pelestarian ikan lokal.

“Penebaran ikan lokal di PUD merupakan kegiatan rutin tahunan Dipertahankan Kabupaten Ponorogo sebagai bentuk peran serta pemerintah dalam melestarikan perairan umum darat,” ucapnya.

“Agar ikan yang ditebar dapat lestari, masyarakat sekitar diharap ikut menjaganya dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan alat dan bahan yang berbahaya,” imbuhnya.

“Dengan terjaganya lingkungan perairan umum darat di Kabupaten Ponorogo diharapkan pula dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar dengan penangkapan ikan ramah lingkungan,” pungkasnya.