PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PADA BAYI DAN BALITA

Pulung (22/3/2018), Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo melalui Kepala Bidang Perikanan Ibu Aida Fitriana Miyasari, S.Pi. beserta rombongan memberikan makanan tambahan pada bayi dan balita di Posyandu Desa Bekiring Kecamatan Pulung.

Masalah gizi dapat terjadi pada setiap siklus kehidupan dimulai sejak janin hingga menjadi bayi, anak, dewasa sampai usia lanjut. Saat ini Indonesia menghadapi masalah gizi ganda yaitu gizi kurang dalam bentuk kurang energi protein, kurang vitamin A, Anemia dan gangguan akibat kurang Iodium dan gizi lebih berkaitan dengan timbulnya penyakit degenerative seperti Diabetes Mellitus, jantung, hipertensi, dll. Masalah gizi kurang merupakan salah satu faktor penyebab kematian bayi. Keadaan tersebut secara langsung disebabkan oleh asupan gizi yang kurang mencukupi gizi balita. Oleh sebab itu untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi masyarakat tentang anak balita, pemerintah mengembangkan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak dalam hal ini adalah menu ikan yang kandungan DHA (salah satu jenis omega-3) di dalamnya sangat baik untuk perkembangan otak. Sedangkan untuk manfaat ikan untuk anak antara lain:

  1. DHA pada daging ikan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak dan kesehatan mata.
  2. Otak anak akan tumbuh tercepat mulai dalam kandungan sampai 2 tahun pertama kehidupanny Saat golden age tersebut dibutuhkan asupan ikan yang lebih banyak.
  3. AA pada daging ikan berfungsi untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
  4. EPA dan DHA dapat menurunkan kolesterol dalam hati dan jantung.

Tujuan acara Pemberian Makanan Tambahan Pada Bayi dan Balita serta ibu balita adalah :

  1. Membangun kesadaran gizi individu dan kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sejak dini.
  2. Meningkatkan demand atau permintaan atas produk perikanan sehingga diharapkan berimplikasi pada peningkatan konsumsi ikan nasional.
  3. Meningkatkan asupan gizi yang berasal dari ikan sejak dini.