PEMBAGIAN KARTU TANI

Kamis (12/4/2018), dilaksanakan pembagian kartu tani di Kecamatan Sukorejo dan Siman. Pembagian kartu tani dipandu langsung oleh petugas BNI, Kepala UPTD Kecamatan Sukorejo dan Siman di masing-masing tempat.

Kartu Tani merupakan media penyaluran bansos dan subsidi dengan menggunakan kartu multi fungsi yang dikeluarkan perbankan, berbasis tabungan dimana data penerima akan terekam dalam kartu tersebut. Sekaligus berfungsi sebagai kartu tabungan dan dompet / e-wallet (combo) untuk belanja dari alokasi kuota.

Manfaat Kartu Tani :

  1. Alat transaksi berupa kartu elektronik berisi data petani penerima bantuan / subsidi pemerintah (pupuk, LPG & sembako).
  2. Tools pemerintah untuk memonitor penyaluran dan distribusi pupuk dan bibit / benih.
  3. Digunakan untuk mendapatkan fasilitas bibit / benih.
  4. Tabungan rekening di Bank.
  5. Mendapatkan kesempatan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Petani.
  6. Pengumpulan / Penjualan hasil panen di Lumbung Desa.

Pemberian kartu tani ini merupakan upaya pemerintah untuk menghindari pedagang pupuk “nakal” yang tidak asing lagi bagi masyarakat, saat pupuk dibutuhkan biasanya pupuk langka jikapun ada harganya mahal.

Diharapkan dengan adanya Kartu Tani tersebut dapat menguntungkan para petani. Petani akan terhindar dari kelangkaan pupuk yang mengakibatkan permainan harga di tingkat pedagang yang cenderung mahal. Jika ketersediaan pupuk terpenuhi, diharapkan dapat meningkatkan hasil panen petani sehingga pendapatan petani pun akan meningkat dan para petani akan semakin sejahtera.