Hari Rabies Sedunia 2019

Ponorogo (28/9/2019), Dalam rangka turut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Rabies Sedunia 2019 dengan tema “VACCINATE TO ELIMINATE”, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Timur V Ponorogo mengadakan kegiatan vaksinasi rabies dan pemeriksaan hewan gratis di Taman Kelono Sewandono Jln. Pramuka Ponorogo.

Dokter hewan yang berpatisipasi dalam acara vaksinasi rabies gratis

Kegiatan lainnya adalah KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) tentang Rabies tersebut untuk meningkatkan kesadaran pemilik hewan terutama yang termasuk HPR rabies untuk peduli pencegahan baik terhadap hewan maupun pemiliknya. Selain itu diberikan juga vitamin gratis dari produk Kalbe Animal Health.

           

Antusias masyarakat mengikuti vaksinasi rabies

Rabies adalah penyakit hewan, terutama menyerang anjing yang disebabkan oleh virus rabies. Hewan yang dapat menjadi penular virus rabies ini antara lain anjing, kucing, monyet, musang dan kelelawar. Penyakit ini dapat menular ke manusia (zoonosis) dan bersifat mematikan. Sekalipun rabies mematikan, rabies dapat dicegah yaitu dengan vaksinasi, baik pada hewan dan manusia.

     

Berbagai hewan peliharaan diberikan vaksin rabies

     

Para dokter hewan saat melayani masyarakat memberikan vaksin dan berbagai informasi kesehatan hewan peliharaan

 

Center for Disease Controland Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan bahwa setiap sembilan menit ada manusia yang meninggal karena rabies. Virus rabies terdapat di dalam air liur anjing yang terinfeksi virus rabies. Saat anjing menggigit manusia, air liur yang mengandung virus masuk ke dalam luka gigitan.

Pencegahan dan Pemberantasan rabies yang paling efektif dan efisien adalah dengan melakukan vaksinasi pada anjing dan hewan penular rabies (HPR) lainnya.

Masyarakat yang ikut kegiatan tersebut sangat senang karena ada perhatian pada hewan peliharaannya

 Hari rabies sedunia diperingati setiap tanggal 28 September untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya mengalahkan penyakit mengerikan ini. Tanggal 28 September ditetapkan untuk mengenang kematian Louis Pasteur, ahli kimia dan mikrobiologi Perancis, yang mengembangkan vaksin rabies pertama.