PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN BERBAHAN DASAR IKAN

Sedah (24/2/2020) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan melalui anggaran dari BP3 Banyuwangi melaksanakan pelatihan pengolahan hasil perikanan berbahan dasar ikan bagi pengolah ikan di Kabupaten Ponorogo yang dilaksanakan di Gedung Pengolahan UPTD PBAT Sedah Jenangan Ponorogo. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari kedepan yaitu dimulai tanggal 24 Februari 2020 sampai dengan 26 Februari 2020.

Penyerahan secara simbolis kartu tanda peserta dan ATK oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, ANDI SUSETYO kepada peserta pelatihan

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, ANDI SUSETYO. Materi pelatihan diberikan oleh instruktur yang berasal dari BP3 Banyuwangi dan Penyuluh Perikanan Kabupaten Ponorogo. Pelatihan ini diikuti oleh Bpk/Ibu pengolah dan pemasar hasil perikanan yang berjumlah 30 orang dan dibagi dalam beberapa kelompok. Kegiatan utama dalam pelatihan ini yaitu pelatihan membuat inovasi olahan ikan seperti sate lilit lele, otosimi, dll.

Kegiatan pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Pelatihan ini bertujuan untuk pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada para pengolah dan pemasar hasil perikanan agar mampu meningkatkan kualitas pangan keluarga, juga mampu menyediakan menu makanan yang sehat serta bisa meningkatkan usaha ekonomi keluarga.

Para peserta antusias langsung ikut praktek mengolah ikan

Manfaat dari kegiatan ini selain bisa meningkatkan keterampilan para pengolah dan pemasar hasil perikanan juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga. Dengan tambahnya keterampilan para peserta dalam mengolah ikan dalam berbagai menu baru yang up-to-date dapat menarik perhatian para konsumen untuk merasakan kenikmatan menu baru tersebut, sehingga dapat menciptakan peluang bagi para peserta untuk ikut andil dalam promosi olahan ikan yang kekinian dan tentunya dapat memberikan keuntungan lebih bagi mereka.

Para peserta baik yang perempuan maupun laki-laki juga ikut praktek mengolah ikan

Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini peserta dapat meneruskan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Sehingga ilmu yang mereka terima tidak terputus hanya sampai pada para peserta saja melainkan juga dapat ditularkan kepada orang lain agar lebih bermanfaat dan dapat sukses bersama jika dikembangkan menjadi usaha rumahan. Jika banyak masyarakat yang sukses dalam usaha pengolahan ikan, maka akan banyak juga masyarakat yang terangkat ekonominya dan dapat hidup layak.