Si Blorok/Potong Leher/Blast dan Si Tikus Dikendalikan

Pulung (5/3/2020), Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan di singkat Gerdal OPT adalah salah satu program tindakan jangka pendek perlindungan tanaman pangan dan hortikultura dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo dalam rangka mengedalikan / menghentikan serangan hama / penyakit yang secara ekonomi merugikan / menurunkan produksi.

Pengarahan dan persiapan tindakan penyemprotan

Gerdal OPT penyakit Blast/Blorok/potong leher pada tanaman padi di kelompok tani (poktan) Tani Mulyo, Desa Singgahan, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur dilaksanakan pada hari kamis tanggal 5 Maret 2020 di mulai jam 07.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Wahid, Kepala Desa Singgahan beserta perangkat desa; Bejo Suwito, Koordinator Penyuluh Pertanian Kec. Pulung; Suwarni, Koordinator POPT Kab. Ponorogo; Suprapto, POPT Kec. Pulung; segenap PPL serta pengurus dan anggota kelompok tani setempat.

Kelompok Tani mendengarkan dengan seksama arahan pelaksanaan gerdal

Pada dasarnya gerdal OPT adalah langkah kongkret sebagai tindak lanjut dari rekomendasi pengendalian yang disampaikan POPT kepada Koordinator Penyuluh Pertanian dalam bentuk laporan peringatan dini tentang keadaan serangan opt tertentu.

Pelaksanaan gerdal diawali koordinasi langkah-langkah rekomendasi peringatan dini baik di tingkat Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Pulung maupun di tingkat Poktan Tani Mulyo Desa Singgahan sebagai pelaksana gerdal.

Penyemprotan serempak gerdal OPT

Pengendalian OPT pada tanaman padi varietas Ciherang dan IR 64, umur 60 hst, jenis Opt: Pyricularia ,sp. dengan intensitas serangan 11,48 %, tikus dengan intensitas serangan 9,38 % populasi 2 (dua) lubang aktif per 10  m. Luas pengendalian :  10 ha, Luas hamparan : 35 ha. Bahan pengendalian : Fungisida dengan konsentrasi 2 gr / 1 lt air, Rodentisida, dan Tiran. Pengendalian dilakukan serempak, pengaturan pengairan pengamatan rutin 3 hari sekali.