BANTUAN ALAT TANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK NELAYAN DI PONOROGO

Ponorogo (24/07/2020), Bantuan hibah dari Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang bersumber dari dana APBD I berupa alat tangkap ikan ramah lingkungan diberikan kepada dua Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan di Kabupaten Ponorogo. Bantuan diserahkan langsung oleh rombongan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang didampingi Kepala Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo Aida Fitriana Miyasari beserta jajarannya kepada kedua kelompok tersebut hari Jumat tanggal 24 Juli 2020.

Penyerahan bantuan alat tangkap ramah lingkungan

Bantuan yang diberikan kepada dua KUB nelayan di Kabupaten Ponorogo ini berupa jaring dan jala tebar. Pemberian bantuan alat tangkap bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan di Kabupaten Ponorogo. Alat tangkap tersebut juga disalurkan dengan tujuan meminimalisir penggunaan setrum yang selama ini marak dan dapat merusak ekosistem perairan darat.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang

Kegiatan pemberian bantuan alat tangkap ini sengaja yang bersifat ramah lingkungan, sebab kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan mengajak para nelayan untuk tetap menangkap ikan dengan cara ramah lingkungan demi kelestarian ekosistem perairan darat.

Alat tangkap yang diberikan kepada nelayan

Adapun kedua KUB nelayan yang mendapatkan bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan adalah KUB Ngongok Berkah Desa Ngebel Kecamatan Ngebel, dan KUB Maju Bersama Desa Kapuran Kecamatan Badegan. Masing-masing KUB mendapatkan bantuan paket 20 buah jaring dan 10 buah jala tebar.

Semoga dengan diberikan bantuan alat tangkap yang ramah lingkungan ini dapat digunakan langsung oleh para nelayan saat bekerja menangkap ikan, sehingga kebiasaan lama yang sering menggunakan setrum saat menangkap ikan dapat diganti dengan kebiasaan baru menggunakan alat tangkap ikan ramah lingkungan seperti jaring dan jala tebar agar ekosistem perairan darat di wilayah Kabupaten Ponorogo tetap terjaga kelestariannya.