GERAKAN APLIKASI PENYEMPROTAN POC DESA NGABAR

Persiapan Penyemprotan POC

Kamis (27/08/2020), Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Siman mengadakan gerakan massal aplikasi penyemprotan Pupuk Organik Cair di Desa Ngabar. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Ngabar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, penyuluh pertanian lapang dan petugas POPT (Pengendali Organisme Penggannggu Tanaman). Gerakan ini juga merupakan salah satu bagian dari kegiatan pengembangan tanaman pangan dan hortikultura organik oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo. Tidak hanya di Desa Ngabar saja, namun gerakan massal ini juga dilaksanakan oleh 305 desa di Ponorogo yang telah menerima bantuan pupuk organik cair (POC) dan pupuk organik granul (POG) pada musim kemarau (MK) ini. Selain itu, gerakan aplikasi POC dan POG juga merupakan salah satu upaya mewujudkan pertanian ramah lingkungan atau pertanian organik dan dilaksanakan dalam rangka menyukseskan program Bupati Ponorogo menuju Ponorogo Organik.

Pemberian penjelasan pengaplikasian POC dan POG

Pelaksanaan aplikasi POC di Desa Ngabar diawali dengan penjelasan dari PPL dan POPT mengenai dosis yang tepat, teknik penyemprotan, serta manfaat  POC dan POG. Selanjutnya dilaksanakan penyemprotan massal di area sawah di Desa Ngabar. Sebanyak 30 orang petani melaksanakan penyemprotan secara serentak menggunakan tangki semprot yang telah diisi larutan POC di area sawah. Tak lupa kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan baik sebelum maupun setelah kegiatan ini berakhir.

Penyemprotan POC di area tanaman kacang tanah

Dengan diadakannya gerakan aplikasi POC ini diharapkan petani mampu mengaplikasikan POC secara mandiri dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan produksi hasil pertanian, mewujudkan pertanian yang organik dan mampu menyejahterakan kehidupan petani.